Sukses


Piala AFF 2022: Peluang Timnas Indonesia Lolos dari Fase Grup Terbuka Lebar

Bola.com, Yogyakarta - Undian babak fase grup Piala AFF 2022 sudah dilakukan pada Selasa (30/8/2022) sore WIB. Dalam undian itu, Timnas Indonesia ada di Grup A.

Di grup tersebut Timnas Indonesia bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Kamboja. Serta satu tim lagi pemenang laga play-off antara Brunei Darussalam melawan Timor Leste.

Laga di Grup A Piala AFF 2022 ini akan menjadi ulangan babak Piala AFF 2020 yang digelar akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022 lalu.

Saat itu, Thailand sukses mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor yang cukup telak 6-2 dalam babak final yang berlangsung dalam dua leg di Singapura.

2 dari 5 halaman

Peluang Besar

Pengamat sepak bola nasional, Nopendi berkomentar mengenai hasil unduan ini. Termasuk soal peluang Garuda lolos ke babak selanjutnya. Ia merasa peluang kelolosan Timnas Indonesia dari babak grup Piala AFF 2022 sangat besar.

"Menurut saya grup ini cukup merata kekuatannya, tapi peluang lolos Timnas Indonesia sangat terbuka," ujar Nopendi kepada Bola.com.

3 dari 5 halaman

Thailand Musuh Terberat

Pemain yang tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 ini menyebut Thailand akan kembali lawan paling berat di Grup A Piala AFF 2022. Meski Filipina dengan banyak pemain keturunannya tidak boleh dianggap remeh.

"Tentu saja lawan yang paling berat adalah Thailand," tandas Nopendi.

4 dari 5 halaman

Laga Kandang dan Tandang

Piala AFF 2022 akan kembali menggunakan format kandang dan tandang seperti di Piala AFF 2018 yang lalu. Di babak grup, Timnas Indonesia mendapatkan jatah dua kali bermain di kandang dan dua kali bermain di kandang lawan.

Di laga pertama, Garuda akan menjamu Kamboja. Laga ini direncanakan akan berlangsung pada 23 Desember 2022 nanti. Stadion Gelora Bung Karno berpeluang besar menjadi kandang tim asuhan Shin Tae-yong di ajang dua tahunan itu.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF

Laga Grup A kedua Timnas Indonesia akan berlangsung pada 26 Desember 2022. Di laga ini Garuda akan bertandang ke markas Timor Leste atau Brunei.

Di laga ketiga, Timnas Indonesia akan kembali ke Tanah Air. Di laga itu mereka akan menjamu Thailand pada 29 Desember 2022. Laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 akan berlangsung pada 1 Januari 2023 di kandang Filipina.

Video Populer

Foto Populer