Sukses


Gara-Gara Suporter Menyalakan Suar di Pertandingan Piala AFC 2022, Bali United Didenda Rp445 Juta

Bola.com, Kuala Lumpur - Bali United mendapatkan sanksi berat dari Komite Disiplin AFC. Sanksi tersebut diberikan akibat penyalaan suar oleh suporter di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada pertandingan Piala AFC 2022.

Penyalaan suar atau flareĀ di tribune penonton Stadion Kapten I Wayan Dipta terjadi saat babak penyisihan Grup G pada 30 Juni 2022. Bali United ketika itu menghadapi Kaya FC (Filipina).

Bali Unite didakwa dengan pelanggaran pasal 64 dan 65 terkait Kode Disiplin dan Etik AFC. Klub berjulukan Serdadu Tridatu itu disanksi denda 30 ribu dolar AS (Rp445 Juta).

"Bali United telah melanggar Pasal 64 ayat 1 dan 65 ayat 1 Kode Disiplin dan Etik AFC. Bali United diperintahkan untuk membayar denda sebesar 30 ribu Dolar AS yang harus diselesaikan dalam waktu 90 hari sejak tanggal keputusan ini dibuat," bunyi pernyataan AFC.

2 dari 4 halaman

Pengurangan Penonton

Selain denda, AFC juga menjatuhkan sanksi pengurangan penonton pada laga kandang Bali United di turnamen Asia. Bali United diwajibkan mengurangi kapasitas Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi hanya boleh terisi 25 persen.

"Bali United diperintahkan untuk memainkan satu pertandingan dengan penutupan sebagian stadion, yaitu penutupan stadion 75 persen," tegas pernyataan AFC.

"Perintah ini berlaku pada laga kandang Bali United selanjutnya yang dimainkan di wilayah Indonesia pada kompetisi antarklub AFC," jelas pernyataan tersebut.

3 dari 4 halaman

Ancaman Tegas

AFC juga mengancam Bali United untuk berusaha agar penyalaan suar tidak terulang pada kompetisi antarklub Asia. Bila kejadian ini terulang, AFC mengancam akan memberikan sanksi yang lebih berat.

"Bali United diberitahukan pelanggaran berulang terhadap ketentuan ini dapat dikenakan hukuman yang lebih berat," tegas AFC.

4 dari 4 halaman

Fase Grup

Bali United tak melaju jauh pada Piala AFC 2022. Pasukan Stefano Cugurra Teco hanya sampai babak penyisihan Grup G.

Bali United finis di urutan ketiga dengan koleksi enam poin. Bali United sebenarnya punya koleksi poin yang sama dengan dua klub di atasnya yakni Kedah Darul Aman dan Visakha FC.

Namun, Bali United kalah head to head poin dan juga selisih gol. Inilah yang menyebabkan Bali United tak bisa melaju jauh di Piala AFC 2022.

Video Populer

Foto Populer