Sukses


Marc Klok Antusias Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Rampung untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kedatangan dua pemain naturalisasi baru. Keduanya adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Naturalisasi keduanya tinggal menunggu waktu. Pengajuan Warga Negara Indonesia (WNI) Sandy Walsh dan Jordi Amat telah disetujui DPR RI.

Sandy Walsh dan Jordi Amat segera menyusul Marc Klok, pemain naturalisasi yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Perasaan Marc Klok

Marc Klok antusias dengan naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. Pemain Persib Bandung itu berharap keduanya dapat menyesuaikan diri dengan Timnas Indonesia kelak.

"Saya senang untuk mereka yang akan bergabung dengan kami di Timnas Indonesia," ujar Marc Klok.

"Semoga mereka bisa beradaptasi dengan baik dan memberikan yang terbaik untuk negara ini," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Proses Panjang

Marc Klok memahami bahwa jalan naturalisasi amat panjang. Dia pernah merasakannya ketika telah menyandang status WNI pada 2020, namun baru bisa membela Timnas Indonesia dua tahun berselang.

Ketika itu, karena Marc Klok tidak mempunyai keturunan maksimal dari kakek dan neneknya, ia harus tinggal selama lima tahun di Indonesia demi bermain untuk Timnas Indonesia.

"Saya tahu prosesnya tidak muda untuk naturalisasi. Saya tahu semua. Saya juga banyak bicara kepada mereka," papar pemain berusia 29 tahun.

4 dari 5 halaman

Masih Berlanjut?

Selain Sandy Walsh dan Jordi Amat, Timnas Indonesia sebenarnya tengah menaturalisasi satu pemain keturunan lainnya yaitu Shayne Pattynama.

Namun, dokumen Shayne Pattynama masuk belakangan daripada Sandy Walsh dan Jordi Amat sehingga proses naturalisasinya masih berjalan.

"Saya senang akhirnya naturalisasi mereka hampir selesai dan mereka segera bergabung," tegas Marc Klok.

5 dari 5 halaman

Segera Lakoni Debut

Sementara itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh berpeluang melakoni debut untuk Timnas Indonesia pada September ini. Seperti diketahui, Tim Garuda akan menghadapi Curacao pada FIFA Matchday, 24 dan 27 September 2022.

Kini, Sandy Walsh dan Jordi Amat tinggal menyelesaikan tahap akhir proses naturalisasi. Keduanya tinggal menunggu sidang paripurna DPR dan terbitnya Keputusan Presiden.

Setelah itu, keduanya akan mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham yang ditunjuk. Besar kemungkinan pengambilan sumpah akan dilakukan sebelum tampil pada FIFA Matchday.

Video Populer

Foto Populer