Sukses


Cetak Gol Indah, Saddil Ramdani Kembali Bikin Gempar Malaysia

Bola.com, Kota Kinabalu - Saddil Ramdani kembali bikin gempar sepak bola Malaysia. Kali ini, gelandang Timnas Indonesia tersebut mencetak gol indah melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Saddil Ramdani dipercaya pelatih Sabah FC, Ong Kim Swee, tampil sebagai starter saat bersua Kuala Lumpur City FC, Kamis (1/9/2022) malam WIB. Pada laga yang digelar di Likas Stadium, Sabah kebobolan lebih dulu melalui aksi Giancarlo Gallifuoco pada menit kelima.

Sabah FC kemudian bangkit pada babak kedua dan mencetak gol penyeimbang melalui aksi Dominic Tan (47'). Sayangnya, pada menit ke-61 gawang Sabah FC kembali kejebolan melalui gol Akram Mahinan.

Beruntung bagi Sabah FC memiliki Saddil Ramdani. Pada menit ke-85, Saddil mengeksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti dan bola hasil sepakannya meroket ke pojok kiri atas gawang KL City FC.

2 dari 5 halaman

Kali Kedua

Ini bukan yang pertama Saddil Ramdani mencetak gol indah untuk Sabah FC. Pada Juli 2022, dia berhasil mencetak gol indah dengan mempertontonkan aksi individunya.

Ketika itu, Saddil mencetak gol ke gawang Selangor FC. Melalui aksi individu, Saddil memperdaya pemain lawan dan melepaskan tendangan yang tak bisa diantisipasi kiper Samuel Somerville.

Uniknya, ketika itu Saddil Ramdani juga menjadi pahlawan Sabah FC. Gol cantiknya juga menghindari Sabah dari kekalahan di Liga Super Malaysia.

3 dari 5 halaman

Rapor Saddil Ramdani

Penampilan Saddil Ramdani bersama Sabah FC semakin mengilap. Sejauh ini, sang pemain sudah tampil dalam 11 laga di Liga Super Malaysia.

Pemain berusia 23 tahun itu sukses mencetak tiga gol dan empat assist. Perjalanan Liga Super Malaysia 2022 masih sangat panjang, sehingga Saddil masih punya peluang menambah kontribusinya di Sabah FC.

Selain itu, ada pula Piala Malaysia 2022 yang akan digelar pada akhir tahun. Menarik untuk menyaksikan penampilan lain dari Saddil Ramdani bersama Sabah FC.

4 dari 5 halaman

Peran Penting

Saddil Ramdani bergabung dengan Sabah FC sejak 2021. Dia langsung memiliki peran penting di klub yang dijuluki The Rhinos tersebut.

Saddil tercatat sukses mencetak enam gol dan tujuh assist dalam 31 pertandingan yang dimainkan bersama Sabah FC. Musim ini, Saddil juga dipercaya bermain di skuad inti oleh pelatih Ong Kim Swee.

Gol yang dicetak Saddil semakin membuktikan perannya sangat penting di Sabah. Pelatih Ong Kim Swee sepertinya akan terus menjadikan sang pemain sebagai andalan.

5 dari 5 halaman

Diminta Lebih

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebelumnya ikut senang dengan penampilan apik yang ditunjukkan para pemain yang menjalani karier di luar negeri. Namun, sang pelatih meminta mereka untuk lebih meningkatkan penampilan.

Sejauh ini ada enam pemain Timnas Indonesia yang berkarier bersama klub luar negeri. Mereka adalah Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), Egy Maulana Vikri (Zlate Moravce), dan Elkan Baggott (Gillingham FC).

Mayoritas dari nama-nama di atas menjadi andalan di klub luar negeri, karena tampil mengesankan. Pelatih Shin Tae-yong menyebut itu menjadi tanda-tanda kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Itu tanda yang sangat positif. Akan tetapi, pemain aboard harus menunjukkan yang lebih baik lagi dari sekarang. Jangan puas di sini, harus lebih maju dari sekarang. Itu tanda sangat baik untuk memajukan sepak bola Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer