Sukses


BRI Liga 1: Aji Santoso Sedih Higor Vidal Cedera Lama, Padahal Vital bagi Persebaya

Bola.com, Surabaya - Gelandang asing Persebaya Surabaya, Higor Vidal, masih dalam perawatan cedera paha. Dia mengalami cedera robek otot di paha dan membutuhkan 4-6 pekan untuk pemulihan sejak akhir Agustus lalu.

Pihak klub sudah melakukan pemeriksaan MRI untuk memastikan kondisi cederanya. Alhasil, pemain asal Brasil itu sudah absen dalam empat laga terakhir Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023, melawan Borneo Samarinda, PSIS Semarang, PSS Sleman, dan Bali United.

Kini, peran pentingnya Vidal mulai berdampak. Absennya gelandang asal Brasil itu membuat Persebaya Surabaya belum tampil konsisten. Dalam empat laga tersebut, Persebaya meraih masing-masing dua menang dan kalah.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebutkan bahwa timnya tampil tanpa kekuatan penuh sejak pekan pertama. Hal ini membuatnya harus memutar otak agar timnya bisa tetap mendapatkan poin.

“Saya sebenarnya sedih. Tapi, saya harus berjalan dengan pemain yang ada. Mulai awal dari pekan pertama, kami tidak pernah punya materi pemain yang komplet. Memang disayangkan,” kata Aji Santoso.

“Saya tidak menyerah dan akan berjuang dengan pemain-pemain yang ada. Jujur saja kalau pemain ini lengkap, luar biasa. Saya sudah berbicara pada Vidal, mudah-mudahan lebih cepat dari pada perkiraan dokter,” imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Sejak Piala Presiden

Vidal sebenarnya sudah sempat tampil dalam empat pertandingan awal Bajul Ijo. Rupanya, cedera yang dideritanya ini sudah mulai muncul sejak Piala Presiden 2022 yang digelar pada bulan Juni silam.

Gelandang berusia 25 tahun itu kemudian mengalami gangguan di paha sejak sebelum laga pekan ketiga melawan Bhayangkara FC. Tetapi, dia terus memaksa diri untuk tampil di pertandingan berikutnya melawan Madura United.

Keputusan tersebut membuat rasa sakitnya makin menjadi. Setelah melakukan pemeriksaan, tim dokter menyarankan Vidal untuk melakukan proses pemulihan terlebih dahulu.

Vidal kembali merasakan nyeri yang mengganggu juga ketika Persebaya menjamu Madura United di pekan keempat. Sebelum pertandingan bahkan Vidal sempat meminta perawatan khusus dari tim medis.

3 dari 5 halaman

Program Pemulihan

Dokter tim sudah menyarankan untuk tidak memaksakan diri. Namun karena keinginannya yang besar untuk bermain di depan Bonek, Vidal memilih untuk tampil total dan membuahkan satu assist pada pertandingan tersebut.

“Vidal menurut saya bagian penting tim ini, walaupun saya tidak pernah menjadikan satu pemain sebagai andalan. Secara keseluruhan, melihat anak bermain, cara bermain, semangat juang, saya sangat puas. Cuma hasil saya tidak puas. Mudah-mudahan lebih baik,” ucap Aji Santoso.

Saat ini Vidal akan menjalani program latihan terpisah bersama tim fisioterapis. Diperkirakan pemilik nomor punggung 10 itu baru bisa kembali bermain setelah menjalani pemulihan sampai sekitar enam pekan.

4 dari 5 halaman

10 Poin

Terakhir, Persebaya dipermalukan dengan skor 0-1 oleh Bali United dalam pekan kedelapan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/9/2022). Gol tunggal laga ini dicetak oleh Privat Mbarga di menit ke-33.

Hasil ini jadi kekalahan pertama Persebaya musim ini dan gagal meneruskan tren kemenangan. Sebelumnya, mereka meraih tiga poin dalam dua laga beruntun dengan skor identi 1-0 atas PSIS Semarang dan PSS Sleman.

Persebaya kini baru mengemas 10 poin dari delapan pertandingan, hasil dari tiga menang, satu seri, dan empat kalah. Mereka untuk sementara menduduki posisi kedelapan dan berpotensi turun peringkat karena beberapa klub lain belum memainkan laga pekan kedelapan.   

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer