Sukses


Mengenal Robi Darwis Baru di Persib, Siap Menjelma Jadi Andalan STY di Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Bandung - Persib Bandung memiliki satu pemain bernama Robi Darwis pada musim 2022/2023. Nama tersebut mengingatkan kepada sosok legenda Persib era 1980-an, Robby Darwis.

Lahir di Cianjur pada 2 Agustus 2003, pemain dengan posisi gelandang bertahan ini mulai menancapkan sinarnya di tim senior Persib Bandung setelah dilirik mantan pelatih Maung Bandung, Robert Alberts.

Sebelum naik ke tim senior Persib, sosok Robi Darwis mengawali kariernya di SSB A7 milik legenda Persib, Atep, yang berada di kawasan Cianjur. Ia pun melanjutkan kariernya ke Akademi Persib di Cimahi.

Kemampuannya sebagai pemain membuat sosok Robi Darwis sempat dipinjam oleh Bandung United. Dari situ, sosoknya pun terpantau oleh Robert Alberts yang saat itu menangani tim senior Persib Bandung.

 

2 dari 5 halaman

Dapat Kepercayaan dari Pelatih

Pemain bernomor punggung 6 di Persib Bandung ini pun langsung mendapatkan kepercayaan dari Robert Alberts dalam tiga laga di BRI Liga 1 2022/2023.

Pada laga pertama melawan Bhayangkara FC, Robi bermain selama 59 menit, kemudian selama 87 menit saat menghadapi Madura United, dan hanya 45 menit ketika bersua Borneo FC Samarinda. Dalam laga ketiga, ia mampu memberikan assist lewat throw-in.

"Robi Darwis sudah bermain dengan baik, dia memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain muda," ujar Robert Alberts saat itu.

3 dari 5 halaman

Senang Masuk Tim Senior Persib

Sementara itu, Robi Darwis mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan kesempatan sebagai starter di tim senior Persib Bandung, apalagi sebagai pemain baru dan masih muda.

"Tentunya saya senang bisa bergabung ke Persib senior. Apalagi tim ini merupakan tujuan saya sejak mengawali karier di SSB-nya Kang Atep," cetus Robi Darwis.

"Semoga saya bisa jauh lebih baik dari tahun ke tahun, performa tetap konsisten, dan bahkan bisa meningkat. Saya juga banyak belajar dari para senior di Persib," tutur Robi.

4 dari 5 halaman

Kemiripan Nama dengan Legenda Persib

Ketika disinggung kesamaan namanya dengan legenda Persib Bandung era 1980-an, Robby Darwis, pemain yang sempat mentas di kompetisi Elite Pro Academy PSSI U-16 2019 itu mengaku bahwa namanya memang terinspirasi dari sosok legenda Persib itu.

"Awalnya saya juga tidak tahu, tapi nama itu pemberian orang tua saya yang memang mengidolakan legenda Persib, Robby Darwis, terutama ibu saya," seloroh Robi sambil tersenyum.

Kemampuan Robi Darwis pun terbukti bisa terpanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menggelar pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Surabaya pada 14 hingga 18 September 2022.

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer