Sukses


Andritany Ardhiyasa Kiper Tertangguh dalam 2 Musim BRI Liga 1, Waktunya Kembali ke Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Andritany Ardhiyasa masih menjadi kiper tertangguh dalam urusan penyelamatan dalam dua musim BRI Liga 1. Waktunya penjaga gawang Persija Jakarta itu kembali ke Timnas Indonesia?

Mengacu dari data Lapang Bola, Andritany Ardhiyasa tercatat sebagai kiper dengan save terbanyak di BRI Liga 1 2021/2022 dengan 110 penyelamatan.

Kapten Timnas Indonesia era pelatih Simon McMenemy pada 2019 itu unggul jauh dari pesaing terdekatnya yang juga penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam.

Teja Paku Alam mencatatkan 97 saves, diikuti kiper PSS Sleman, Miswar Saputra dengan 94 penyelamatan, dan penjaga gawang Persikabo 1973, Syahrul Trisna lewat 93 saves.

2 dari 6 halaman

Masih Belum Cukup

Pada musim itu, Andritany Ardhiyasa membukukan lima kali cleansheet, namun kebobolan 35 gol dari 28 pertandingan.

Ironisnya, kehebatannya belum mampu mengembalikan posisinya ke Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong lebih memercayai Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna, hingga Adi Satyro.

Nadeo Argawinata menempati peringkat ke-21 dalam daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak lewat 46 saves dari 17 laga, sementara Adi Satryo merangkum 19 penyelamatan dari delapan partai.

3 dari 6 halaman

Tersibuk Musim Ini

Performa tangguh Andritany Ardhiyasa awet hingga pekan kedelapan BRI Liga 1 2022/2023. Kiper berusia 30 tahun itu masih menjadi penjaga gawang tersibuk dengan perolehan 32 saves dari delapan pertandingan.

Andritany dibayangi kiper Persis Solo, Muhammad Riyandi yang membuat 31 saves dari delapan laga. Kiper Persebaya Surabaya, Satria Tama berada di posisi ketiga lewat 25 penyelamatan dalam tujuh partai.

Andritany juga cuma kemasukan lima kali plus torehan tiga nirbobol dalam delapan pertandingan BRI Liga 1.

4 dari 6 halaman

Ingin Kembali ke Timnas Indonesia

Saudara kandung dari kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi itu tercatat sebagai kiper dengan jumlah cleansheet tertinggi bersanding dengan Satria Tama, Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata dari Bali United, dan Reza Arya Pratama dari PSM Makassar

Andritany Ardhiyasa berulang kali mengisyaratkan keinginannya untuk kembali masuk persaingan penjaga gawang Timnas Indonesia.

"Jujur, pasti masih ada hasrat itu. Akan tetapi, semua berawal dari klub. Ketika saya bagus di klub, pasti Timnas tidak akan tutup mata," ujar Andritany Ardhiyasa.

"Semua pemain pasti seperti itu. Ketika pemain bagus di klub, pasti semua juga punya kesempatan yang sama untuk masuk Timnas Indonesia," kata kiper yang karib dipanggil Bagol itu medio Mei 2022.

5 dari 6 halaman

Serahkan ke Shin Tae-yong

Terakhir, Andritany Ardhiyasa menyerahkan sepenuhnya kepada Shin Tae-yong perihal peluangnya comeback ke tim berjuluk Skuad Garuda itu.

"Biarkan pelatih Timnas Indonesia yang memilih. Saya hanya berusaha memberikan yang terbaik di lapangan," jelas Andritany Ardhiyasa.

Andritany Ardhiyasa sempat menjadi kiper langganan Timnas Indonesia pada periode 2014-2019. Dari rentang waktu itu, penjaga gawang asli Jakarta ini bermain 15 kali dan kebobolan 18 kali mengacu statistik dari Transfermarkt.

Sumber: Lapang Bola, Transfermarkt

6 dari 6 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer