Sukses


Timnas Indonesia U-20 Bakal TC ke 3 Negara Eropa, Iwan Bule Minta Dukungan Anggaran ke Jokowi

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta dukungan anggaran ke Presiden Joko Widodo karena berencana untuk menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di luar negeri. Kegiatan itu merupakan bagian dari persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Permintaan itu diungkapkan secara langsung oleh Mochamad Iriawan ketika mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/9/2022). Rapat tersebut sengaja digelar untuk membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Iriawan, Timnas Indonesia U-20 berencana menggelar pemusatan latihan ke Turki, Spanyol, dan Belanda. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan para pemain sebelum bertempur di Piala Dunia U-20 2023.

"Tentunya, kami meminta dukungan kembali anggaran untuk anak-anak Timnas Indonesia U-20 ini yang masih akan melakukan TC baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Rencana mungkin kami ke Turki, Spanyol, dan kalau memang ada waktu lagi ke Belanda, nanti akan menunggu pengajuan dari pelatih," kata Mochamad Iriawan.

2 dari 5 halaman

Instruksi Khusus

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali juga melaporkan hasil kunjungan FIFA ke Indonesia terkait persiapan Piala Dunia U-20 2023. Menurut Amali, FIFA memberikan tenggat waktu hingga bulan depan kepada Indonesia untuk memperbaiki infrastruktur dan fasilitas Piala Dunia U-20.

"Pak Presiden menginstruksikan kepada kami para menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah apa yang dikehendaki FIFA," ujar Amali.

"Pak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu, karena kami ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober 2022, FIFA akan melihat," tegas Amali.

3 dari 5 halaman

Butuh Perbaikan

Amali juga memaparkan sejumlah infrastruktur untuk Piala Dunia U-20 sebenarnya telah beres karena awalnya turnamen itu akan digelar pada 2021.

Namun, karena diundur hingga 2023, beberapa sarana dan prasarana terpaksa harus dipugar akibat terus digunakan.

Amali memberikan contoh Stadion Manahan, Solo yang perlu diperbaiki lantaran dipakai untuk Piala Menpora 2021, Piala Presiden 2022, hingga ASEAN Para Games 2022.

4 dari 5 halaman

6 Stadion

PSSI mengajukan enam stadion untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Selain Stadion Manahan, lima stadion lainnya terdiri dari Stadion Jakabaring Palembang hingga Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Tiga stadion lainnya yaitu Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

"Sama halnya dengan stadion-stadion lainnya. Seperti Stadion Si Jalak Harupat dan lain sebagainya," imbuh Amali.

5 dari 5 halaman

Unggahan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer