Sukses


Timnas Indonesia U-20 Ganyang Vietnam, Muhammad Ferarri: Balas Dendam Terlaksana!

Bola.com, Surabaya - Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat berhasil mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ferarri menilai, misi balas dendam sukses terlaksana.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 pada laga terakhir Grup F yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). Timnas U-20 finis di puncak klasemen dengan poin sempurna sembilan dari kemenangan tiga laga.

Muhammad Ferarri turut mencetak satu gol ke gawang Vietnam pada menit ke-82. Gol itu menjadi penebus aksi bunuh diri yang tak sengaja dilakukannya pada menit ke-66.

"Alhamdulillah, bersyukur, terima kasih untuk teman-teman juga. Apa yang ingin kami capai untuk balas dendam, Alhamdulillah terlaksana. Happy banget," kata Muhammad Ferarri.

Kemenangan Timnas Indonesia u-20 juga terasa spesial buat pelatih Shin Tae-yong. Ini menjadi kemenangan perdana Shin Tae-yong atas Vietnam di semua level umur sejak pertama kali menukangi Timnas Indonesia pada Desember 2019.

2 dari 5 halaman

Kunci Kemenangan

Muhammad Ferarri menegaskan, kunci kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Vietnam adalah mentalitas dan sikap tetap tenang. Itu diterapkan ketika Timnas U-20 dalam keadaan tertinggal hingga akhirnya bisa melakukan epic comeback.

"Saat ketinggalan, pelatih Shin Tae-yong memberi tahu untuk tetap menjaga ketenangan. Alhamdulillah, bisa feeling mencetak gol," ucap Ferarri.

"Mental. Coach Shin menekankan masalah mental kepada pemainnya," tegas pemain asal Persija Jakarta itu.

3 dari 5 halaman

Balasan Sempurna

Muhammad Ferarri juga senang bisa mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20. Menurut Ferarri, gol itu menjadi balasan sempurna buat Vietnam yang disebutnya telah meremehkan Timnas U-20.

"Kami tahu apa kelemahan dari Vietnam. Mereka terlalu meremehkan pemain Indonesia. Saya tahu jadi kami terus menekan di lini depan," tegas Ferarri.

Lolos ke Piala Asia U-20 2023 menjadi edisi ke-18 sepanjang sejarah. Pada edisi terakhir 2018, Timnas U-20 terhenti di babak perempat final.

4 dari 5 halaman

Takjub dengan Comeback

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong takjub dengan semangat juang para Timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Vietnam. Para pemain disebut punya respons baik hingga berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan 3-2.

"Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer