Sukses


Timnas Indonesis U-20: Ferarri Ungkap Instruksi Shin Tae-yong Usai Melakukan Bunuh Diri Lalu Cetak Gol Penebus Dosa

Bola.com, Surabaya - Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, mengaku mendapatkan instruksi khusus dari pelatih Shin Tae-yong setelah tak sengaja mencetak gol bunuh diri. Instruksi itu yang akhirnya bisa membuat Ferarri bangkit dan menebus dosa dengan mencetak gol ke gawang Vietnam.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Timnas Indonesia U-20 berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-60 melalui Marselino Ferdinan. Namun, enam menit berselang Timnas U-20 kebobolan karena blunder Muhammad Ferarri yang tak sengaja melakukan aksi bunuh diri.

Vietnam kemudian membalikkan keadaan melalui Dinh Xuan Tien (79'). Tiga menit berselang, Ferarri sukses menebus dosa dengan balik menjebol gawang Vietnam.

Gol itu kemudian membangkitkan kembali semangat juang para pemain Timnas Indonesia U-20. Rabbani Tasnim kemudian mencetak gol kemenangan Timnas U-20 pada menit ke-85 dan menutup laga dengan skor 3-2.

2 dari 5 halaman

Tetap Tenang

Muhammad Ferarri menyebut, pelatih Shin Tae-yong sempat memberikan instruksi kepadanya setelah tak sengaja mencetak gol bunuh diri ke gawang Timnas Indonesia U-20. Pelatih asal Korea Selatan meminta Ferarri untuk tetap tenang dan fokus.

"Saya sempat melakukan blunder. Setelah itu, pelatih memberi tahu untuk tetap tenang saja," ucap Ferarri.

"Terus, kaget juga kalau sundulan saya menjadi gol. Bagi saya sendiri tidak ada tekanan karena Alhamdulillah, ini motivasi untuk berkembang dan sangat dibutuhkan untuk pesepak bola," tegas Ferarri.

3 dari 5 halaman

Balas Dendam Terlaksana

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 pada laga terakhir Grup F yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022). Timnas U-20 finis di puncak klasemen dengan poin sempurna sembilan dari kemenangan tiga laga.

"Alhamdulillah, bersyukur, terima kasih untuk teman-teman juga. Apa yang ingin kami capai untuk balas dendam, Alhamdulillah terlaksana. Happy banget," kata Muhammad Ferarri.

Kemenangan Timnas Indonesia u-20 juga terasa spesial buat pelatih Shin Tae-yong. Ini menjadi kemenangan perdana Shin Tae-yong atas Vietnam di semua level umur sejak pertama kali menukangi Timnas Indonesia pada Desember 2019.

4 dari 5 halaman

Balasan Sempurna

Muhammad Ferarri juga senang bisa mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20. Menurut Ferarri, gol itu menjadi balasan sempurna buat Vietnam yang disebutnya telah meremehkan Timnas U-20.

"Kami tahu apa kelemahan dari Vietnam. Mereka terlalu meremehkan pemain Indonesia. Saya tahu jadi kami terus menekan di lini depan," tegas Ferarri.

Lolos ke Piala Asia U-20 2023 menjadi edisi ke-18 sepanjang sejarah. Pada edisi terakhir 2018, Timnas U-20 terhenti di babak perempat final.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer