Sukses


3 Bek Tengah Lokal Paling Gahar Sampai Pekan ke-10 BRI Liga 1 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 sudah berjalan 10 pekan. Pada artikel ini, Bola.com membahas barisan bek tengah lokal yang tampil gahar.

Jika melihat dari statistik, ada tiga tim yang punya pertahanan terbaik. Ketiga tim tersebut adalah Madura United, PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Ketiga tim itu sama-sama baru kemasukan lima gol. Mereka saat ini juga bersaing di papan atas BRI Liga 1 2022/2023.

Dari indikator itu, mereka punya pemain belakang yang sedang tampil apik. Bola.com memilih masing-masing satu bek lokal dari tiga tim tersebut.

Bisa dibilang tiga tim ini punya jagoan pemain lokal di belakang. Ada nama yang sudah jadi langganan Timnas Indonesia senior.

Ada juga yang baru muncul di kelompok usia. Selain itu, ada yang namanya baru muncul musim ini. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Fachruddin Aryanto

Bek 33 tahun ini posisinya tak tergantikan di lini belakang Madura United. Dia selalu tampil penuh dalam 10 pertandingan. Padahal usianya sudah tidak muda lagi. Namun Fachruddin bisa tampil prima di awal musim ini.

Selain itu, dia membuktikan sebagai pemain dengan segudang pengalaman. Sehingga dia bisa menghentikan lawan tanpa melakukan banyak pelanggaran.

Buktinya, sampai saat ini Fachruddin belum menerima kartu dari wasit. Catatan positif itu memperlihatkan dia masih pantas jadi salah satu bek papan atas Indonesia.

Selama ini, Fachruddin jadi langganan Timnas Indonesia senior. Jadi, performanya sampai saat ini masih terjaga. Tak salah jika Fachruddin kembali terpanggil dalam skuad Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday dalam waktu dekat.

 

 

3 dari 5 halaman

Muhammad Ferrari

Persija berhasil mengorbitkan M. Ferrari musim ini. Di bawah arahan pelatih asal Jerman, Thomas Doll, bek 19 tahun ini mulai dapat kepercayaan di skuat utama Persija.

Ferrari tampil dalam delapan laga dan tujuh laga diantaranya dia turun sebagai starter. Persija musim ini turun dengan tiga pemain belakang. Sehingga Ferrari jadi tandem bek asing Ondrej Kudela dan seniornya Hansamu Yama.

Sebuah lompatan karier yang pesat baginya musim ini. Performa apiknya di Liga 1 membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggilnya ke kualifikasi Piala AFC U-20 pada 14-18 September.

Dia ditunjuk sebagai kapten tim. Setelah itu, Ferrari masuk skuat Timnas Indonesia senior di ajang FIFA Matchday. Ferrari punya modal bagus sebagai pemain belakang.

Dia punya postur lumayan jangkung untuk ukuran pemain di Liga 1. Selain itu, dia juga kokoh saat duel dengan penyerang lawan.

Diprediksi dia bakal jadi salah satu pemain masa depan di lini belakang Timnas Indonesia dan Persija.

 

 

4 dari 5 halaman

Agung Mannan

Musim ini, PSM mengorbitkan nama baru di lini belakang. Yakni Agung Mannan. Pemain 24 tahun ini banyak berposisi sebagai stoper atau bek kiri.

Sebenarnya tak banyak yang mengetahui pemain ini di awal musim. Karena sebelumnya dia banyak berkiprah di Liga 2 bersama Persijap Jepara dan Martapura FC.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares melihat jeli kemampuannya. Dia sangat tenang di lini belakang PSM. Kelebihannya, dia agresif dalam memburu bola dari kaki penyerang lawan.

Mannan juga andal saat mengawal striker lawan. Padahal ini musim perdananya di Liga 1. Dari 9 laga yang sudah dijalani PSM, dia selalu jadi pilihan utama.

Hanya Mannan dan Yuran Fernandes yang selalu jadi pilihan utama di lini belakang PSM. Sedangkan pemain lain sempat dirotasi.

Hanya saja, perolehan kartunya cukup tinggi. Saat ini Mannan sudah mengantongi 4 kartu kuning. Sehingga dia harus absen dalam satu laga terdekat PSM. Ini jadi kali pertama dia melewatkan pertandingan bersama PSM.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer