Sukses


BRI Liga 1: Gagal Menemukan Nakhoda Baru, PSIS Pinjam Lisensi Kepelatihan Ian Andrew Gillan

Bola.com, Semarang - Manajemen PSIS Semarang mendaftarkan Direktur Tekniknya, Ian Andrew Gillan, sebagai pelatih kepala dalam sistem pendaftaran PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). PSIS 'meminjam' lisensi Ian Andrew Gillan untuk melanjutkan kiprah di BRI Liga 1 2022/2023.

Pelatih berlisensi AFC Pro itu didaftarkan sementara oleh PSIS Semarang sembari menunggu kehadiran pelatih kepala baru. PSIS seakan kehabisan waktu dan tidak bisa menemukan pelatih kepala baru hingga tenggat waktu yang ada.

"Sesuai regulasi, PSIS harus mendaftarkan pelatih kepala hari ini, 26 September. Kami untuk sementara mendaftarkan Coach Ian yang sudah memiliki lisensi AFC Pro. Kami pinjam lisensi beliau," ujar General Manager PSIS Semarang, Wahyoe Winarto, Senin (26/9/2022).

 

2 dari 5 halaman

Untuk Sementara

GM PSIS Semarang yang karib disapa Liluk itu kemudian menjelaskan posisi Gillan sebagai pelatih Laskar Mahesa Jenar pun bersifat sementara. Ia masih menunggu pelatih yang pasti hingga Oktober 2022.

"Coach Ian mengisi posisi pelatih kepala sambil kami tunggu pelatih baru definitif yang rencananya datang pada Oktober," ujar Liluk.

Mengenai posisi Ian Andrew, Liluk juga menjelaskan bahwa yang bersangkutan tetap akan kembali menangani PSIS Development setelah pelatih kepala definitif datang.

"Setelah pelatih kepala baru definitif datang, Coach Ian akan kembali ke PSIS Development untuk kembali melakukan pembinaan usia muda," tandas Liluk.

3 dari 5 halaman

Bukan Kali Pertama

 

Kisruh soal posisi pelatih PSIS Semarang sebenarnya sudah terjadi sejak musim lalu. Ketika itu, Imran Nahumarury pun sempat keluar dan masuk mengisi posisi pelatih Mahesa Jenar.

Ian Gillan sendiri bukan nama asing. Sosok asal Australia itu pun sempat didapuk sebagai pelatih, meski belakangan digeser ke posisi direktur teknik.

Pada musim ini, PSIS memecat Sergio Alexandre pada bulan lalu. Alexandre dipecat karena dinilai gagal mengangkat performa tim yang sudah terbentuk ketika ia datang.

Achmad Resal Octavian mengisi posisi pelatih interim PSIS speneinggalan Sergio Alexandre. Resal pun pernah melakukan peran yang sama pada musim lalu.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pekan Ke-11 BRI Liga 1

Kamis, 29 September 2022

  • 16.00 WIB - Persis Solo vs PSM Makassar
  • 16.00 WIB - Barito Putera vs Persik Kediri
  • 20.30 WIB - PSS Sleman vs Persita Tangerang

Jumat, 30 September 2022

  • 16.00 WIB - RANS Nusantara FC vs Dewa United
  • 20.30 WIB - Bali United vs Persikabo 1973

Sabtu, 1 Oktober 2022

  • 15.30 WIB - Borneo FC vs Madura United
  • 20.00 WIB - Arema FC vs Persebaya Surabaya

Minggu, 2 Oktober 2022

  • 15.30 WIB - PSIS Semarang vs Bhayangkara FC
  • 20.00 WIB - Persib Bandung vs Persija Jakarta
 
5 dari 5 halaman

Posisi PSIS Semarang di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer