Sukses


BRI Liga 1: Ian Gillan Bicara Kemungkinan Debut Fortes Bersama PSIS, Kapan Nih?

Bola.com, Semarang - Satu hal yang paling ditunggu dari para penggemar PSIS Semarang saat ini adalah melihat debut Carlos Fortes bersama Mahesa Jenar di BRI Liga 1 2022/2023. Penyerang asal Portugal itu sudah mengikuti beberapa sesi latihan terbaru PSIS.

Sebelum kompetisi Liga 1 2022/2023 dihentikan oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) karena Tragedi Kanjuruhan, penggemar PSIS Semarang tengah menantikan untuk bisa menyaksikan aksi Carlos Fortes bersama tim kesayangan mereka.

Pelatih PSIS, Ian Gillan, pun sempat menjelaskan kondisi terkini timnya. Termasuk soal kemungkinan Fortes akan debut atau tidak dalam laga melawan Bhayangkara FC pada akhir pekan lalu, sebelum akhirnya pertandingan dibatalkan oleh PT LIB.

"PSIS sudah mempersiapkan tim dalam dua minggu terakhir dan ada beberapa hal yang cukup bagus secara psikologi. Satu di antaranya yang mungkin cukup bagus seperti Fortes sudah kembali ke Semarang, walaupun belum tentu dia bisa bermain," jelas Gillan.

2 dari 6 halaman

Soal Bhayangkara FC

PSIS Semarang kini ada di posisi ke-13 klasemen dengan 11 poin. Namun, Bhayangkara FC ada tiga tingkat di bawah Mahesa Jenar dengan baru mengumpulkan sembilan poin. Sebelum duel tersebut dibatalkan atau ditunda, Ian Gillan sempat memuji sang lawan.

Meski sedang ada di bawah, Gillan merasa Bhayangkara FC bukanlah tim yang buruk. Tim asuhan Widodo Cahyono Putro itu diisi oleh banyak pemain bagus.

"Bhayangkara memang ada di bawah, tapi mereka bukan tim jelek. Bhayangkara tim cukup bagus seperti musim lalu, mereka punya skuad cukup bagus," ujar Gillan.

 

3 dari 6 halaman

Bawa Pengalaman Piala Presiden

PSIS Semarang memiliki pengalaman bermain melawan Bhayangkara FC di Piala Presiden 2022 lalu. Dalam ajang pramusim itu, Mahesa Jenar mampu menang lewat adu tendangan penalti.

Bek tengah PSIS, Alfeandra Dewangga, ingin kembali ke pertandingan itu sebagai pembelajaran. Dewa pun mengaku paham betul dengan kualitas Bhayangkara FC.

"Kami pernah bertemu di Piala Presiden, Bhayangkara meski di bawah kami belum tentu mereka tim yang jelek. Mereka tim bagus, solid, kompak. Kami akan berjuang mati-matian," tegasnya.

 

4 dari 6 halaman

Percaya Diri

Dewa pun menyebut skuad PSIS Semarang ada dalam kondisi yang baik saat ini. Ia percaya diri ketika kompetisi bergulir kembali, PSIS bisa meraih tiga poin dalam pertandingan yang mereka jalani.

"Pemain dalam kondisi baik. Kami optimistis, terutama ketika bermain di kandang untuk harga diri. Kami ingin meraih tiga poin," tegas Dewa.

5 dari 6 halaman

Kompetisi Dihentikan Sementara

Sementara ini, kompetisi Liga 1 2022/2023 yang diikuti PSIS Semarang tengah dihentikan. Hal ini menjadi keputusan yang diambil PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi setelah terjadi Tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan Aremania meninggal dunia.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menegaskan bahwa BRI Liga 1 akan dihentikan selama satu pekan ke depan.

"Keputusan tersebut (menghentikan kompetisi) kami umumkan setelah mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI. Ini kami lakukan untuk menghormati semua dan sambil menunggu proses investigasi dari PSSI," ujar Lukita.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga menaruh perhatiannya terhadap masalah ini dan meminta agar PSSI menghentikan kompetisi hingga investigasi selesai dilakukan

"Saya sudah memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi," ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (10/2/2022).

"Penghentian sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," tutur Presiden berusia 61 tahun tersebut.

 
6 dari 6 halaman

Posisi PSIS di Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer