Sukses


3 Tim Liga 1 yang Sukses Tembus 20 Gol: Borneo FC dan Bali United Menggila tetapi Kudu Berbenah

Bola.com, Jakarta - Pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 sudah digelar meskipun tidak semua pertandingan bisa dilakukan. Liga terpaksa dihentikan akibat Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 suporter, saat Arema FC bersua Persebaya Surabaya.

Kompetisi kasta teratas di Indonesia itu masih belum tahu kapan akan kembali bergulir, karena menunggu hasil investigasi tragedi kelam tersebut.

Namun, dibalik semua musibah yang terjadi, terdapat tiga klub yang tampil produktif di Liga 1. Sejauh ini, baru ada tiga tim yang berhasil menembus 20 gol hingga pekan ke-11.

Tiga tim tersebut adalah Borneo FC, Bali United, dan Persikabo 1973. Meskipun sudah mengoleksi lebih dari 20 gol, nyatanya hanya Borneo FC yang bisa bercokol di puncak klasemen sementara Liga 1.

2 dari 5 halaman

Borneo FC Andalkan Pato

Dengan koleksi yang sudah masuk ke 20 gol, seharusnya permainan tim-tim tersebut berbanding lurus. Borneo FC misalnya, mereka mampu merangsek ke puncak klasemen setelah membungkam Madura United (3-0) yang sebelumnya nyaman di peringkat pertama.

Tim yang dijuluki Pesut Etam itu berhasil menang dengan skor telak tiga gol tanpa balas. Melihat hasil tersebut, Borneo FC menjadi tim yang paling konsisten dibanding Bali United dan Persikabo 1973 di Liga 1 musim ini.

Disamping itu juru gedor Borneo FC Samarinda, Matheus Pato, menjadi top skorer tim dan Liga 1 dengan 12 gol. Borneo FC juga baru kalah dua kali dalam 11 pertandingan di liga.

Stefano Lilipaly dkk. berhasil mengemas 26 gol dengan 14 kali kemasukan.

 

3 dari 5 halaman

Bali United Produktif dan Juga Kerap Kebobolan

Bandingkan dengan Bali United. Mereka sudah mengoleksi 22 gol, tetapi juga kebobolan 13 gol. Skuad asuhan Stefano Cugurra Teco tersebut kini masih berada di posisi lima klasemen sementara dengan raihan 21 poin.

Empat kekalahan juga sudah diterima Tim Serdadu Tridatu. Jika dibandingkan dengan peringkat kedua hingga keempat, yaitu Madura United, PSM Makassar, dan Persita Tangerang, jumlah gol yang dilesakkan Bali United masih cukup unggul.

Pembenahan kudu terus dilakukan meskipun Liga 1 ditangguhkan sementara. I Made Andhika Wijaya dkk. masih tetap berlatih seperti biasa di Lapangan Gelora Trisakti Legian. Ilija Spasojevic masih menjadi top skorer sementara klub dengan tujuh gol.

Soal assist, Fadil Sausu masih menjadi rajanya. Gelandang asal Palu tersebut mampu melesakkan enam assist hingga pekan ke-11 Liga 1.

 

4 dari 5 halaman

Persikabo 1973 Wajib Benahi Pertahanan

Di posisi ketiga tim dengan gol terbanyak dimiliki oleh Persikabo 1973. Mereka mengemas 20 gol. Dua gol terakhir kebetulan dicetak saat menghadapi Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Tetapi, yang menjadi catatan untuk Persikabo adalah lini pertahanan. Mereka berhasil mencetak 20 gol, namun juga kebobolan cukup banyak dengan 14 gol.

Sekarang, mereka bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara dengan raihan 19 poin. Torehan Persikabo tidak lebih baik dari Persija Jakarta yang menempati posisi keenam klasemen sementara dengan 21 poin.

Dibandingkan dengan Persija, jumlah gol yang dibukukan Laskar Padjajaran unggul jauh. Persija hanya mencetak 12 gol hingga pekan ke-10, dan kebobolan lima gol.

Kini, tugas Djajang Nurdjaman sebagai arsitek Persikabo 1973 untuk bisa melakukan pembenahan. Tidak hanya jago dalam mebncetak gol, mereka juga perlu lebih kuat untuk urusan bertahan.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer