Sukses


5 Pemain Paling Berpengalaman di Skuad Terkini Timnas Indonesia U-20: Langganan Shin Tae-yong di Senior

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 tengah bersiap untuk melakukan pemusatan latihan panjang di Eropa. Pemusatan latihan itu harus mereka jalani untuk bisa tampil apik di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

<p>Timnas Indonesia - Marselino Ferdinan dan Alfriyanto Nico (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Ada 34 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan jangka panjang itu. Banyak nama merupakan nama lama yang selama ini sudah menjadi andalan Timnas Indonesia U-20.

Sebut saja Marselino Ferdinan, Cahya Supriari, Hokky Caraka, dan beberapa pemain lain. Ada pula nama-nama baru seperti Achmad Maulana dan Aulia Ramadan.

Ada pula beberapa pemain Timnas Indonesia U-20 yang sudah memiliki banyak pengalaman. Tidak hanya di level klub tapi juga di Timnas Indonesia senior.

2 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan selama ini menjadi bintang utama di skuad Timnas Indonesia U-20. Penampilannya terus meningkat dari hari ke hari.

Tak hanya itu, Marselino pun bisa bersaing di skuad Timnas Indonesia senior. Di usianya yang masih 18 tahun, Marselino sudah memiliki tujuh caps dan satu gol.

Di Persebaya, Marselino bahkan memiliki peran lebih penting. Sejak musim lalu, ia selalu menjadi pilihan utama Aji Santoso di lini tengah Bajul Ijo.

3 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh

Ronaldo pun sama dengan Marselino. Ia sudah mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia senior meski usianya saat ini baru 17 tahun.

Ronaldo bahkan sudah mencatatkan delapan caps, satu caps lebih banyak ketimbang Marselino. Pemain asal Daerah Istimewa Yogyakarta itu juga sudah mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia.

Bedanya, Ronaldo jarang sekali mendapatkan kesempatan bermain di Madura United. Klub itu memang banyak diisi striker senior jempolan.

4 dari 6 halaman

Muhammad Ferarri

Laga melawan Curacao pada September 2022 lalu tak akan dilupakan oleh Ferarri. Di laga itu, Ferarri mencatatkan debutnya di Timnas Indonesia senior.

Sebelum laga debut itu, kapasitas permainan Ferarri sudah diakui. Terutama di level Timnas Indonesia U-19 dan U-20.

Ferarri sebenarnya sudah cukup banyak mendapatkan kesempatan bermain di Persija Jakarta. Di musim ini bek tengah berusia 19 tahun itu sudah diturunkan delapan kali oleh Thomas Doll.

5 dari 6 halaman

Zanadin Fariz

Zanadin sejauh ini masih belum mendapatkan bermain di Timnas Indonesia senior. Namun, pemain berusia 18 tahun ini nyaris selalu diandalkan di Timnas Indonesia U-20 dan Persis Solo.

Pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 lalu, Zanadin selalu menjadi plihan utama Shin Tae-yong di lini tengah Garuda Nusantara. Zanadin bermain di tiga laga saat itu.

Di klubnya, Persis Solo, Zanadin pun sudah enam kal dimainkan di musim ini. Meski sejauh ini ia belum bisa mencetak gol ataupun assist untuk Persis.

6 dari 6 halaman

Alfriyanto Nico

 

Nico pun jadi salah satu di antara pemain yang selalu mendapatkan panggilan Shin Tae-yong ke skuad Timnas Indonesia U-20.

Kemunculan pemain satu ini terjadi di Liga 1 2021/2023 lalu. Saat itu, Nico mampu mencatatkan 18 penampilan bersama Persija dan mencetak tiga gol.

Winger satu ini bahkan sempat mendapatkan satu penghargaan individu di Liga 1 musim lalu. Yakni penghargaan pemain muda terbaik bulanan.

Video Populer

Foto Populer