Sukses


Dimulai Tahun Depan, Stadion di Indonesia Bakal Direnovasi Sesuai Standar FIFA

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olaraga, Zainudin Amali, mengungkapkan stadion-stadion Indonesia bakal direnovasi mulai tahun depan. Nantinya, stadion akan dipugar agar sesuai standar FIFA.

Rencana renovasi stadion-stadion di Indonesia merupakan instruksi khusus dari Presiden Joko Widodo. Stadion yang mengalami renovasi hanya markas klub yang berkompetisi di Liga 1 dan Liga 2.

Proses renovasi sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Saat ini, mereka masih dalam tahap perancangan untuk proyek renovasi stadion-stadion di Indonesia.

"Mudah-mudahan Kementerian PUPR akan mengerjakan itu. Saat ini masih direncanakan dan dalam rancangan. Mungkin akan dimulai Tahun depan," kata Zainudin Amali.

2 dari 5 halaman

Bakal Terusir

Zainudin Amali menyebut, klub yang stadionnya direnovasi harus terusir sejenak dari markasnya. Zainudin mempersilakan klub-klub untuk segera mencari stadion alternatif saat kompetisi mulai digelar lagi.

"Jadi, klub yang menggunakan itu dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 harus mencari tempat lain sampai itu selesai. Pak Presiden konsisten harus diaudit dan direnovasi. Untuk pintu juga nanti kalau ada yang sempit akan di renovasi dan diperlebar," ucap Zainudin Amali.

"Yang penting bisa digunakan dulu, akan tetapi harus sesuai dengan standar. Yang belum standar sama sekali itu akan direnovasi sehingga klub yang menggunakannya dipersilakan untuk mencari stadion lain," tegasnya.

3 dari 5 halaman

Serupa Manahan

Zainudin Amali menyebutkan, Stadion Kanjuruhan akan mengalami renovasi seperti Stadion Manahan. Nantinya, seluruh tempat duduk sudah menggunakan sistem single seat.

Pemerintah menjadikan Stadion Manahan seperti role model karena sudah sesuai dengan standar FIFA. Jadi, nanti stadion yang akan direnovasi akan mengacu pada stadion di kota Solo tersebut.

"Pasti standar FIFA dan pasti single seat. Bayangan kami Kanjuruhan itu akan sama dengan Stadion Manahan karena juga sudah diinspeksi oleh FIFA juga," ucap Zainudin Amali.

4 dari 5 halaman

Standar FIFA

Sejauh ini sudah ada beberapa stadion di Indonesia yang menempati standar FIFA. Sebut saja Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Stadion-stadion tersebut memiliki kapasitas yang banyak. Sehingga Stadion Kanjuruhan juga nantinya akan direnovasi sesuai dengan standar FIFA.

“Kami sepakat dengan PUPR stadion-stadion yang akan digunakan dan memiliki penonton banyak itu yang kami audit termasuk Kanjuruhan. Akan tetapi, untuk perintah Presiden itu minta yang belum sesuai standar FIFA itu harus direnovasi," tegas Zainudin Amali.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer