Sukses


3 Fakta Menarik Menuju Piala Dunia U-20 2023: Termasuk Timnas Indonesia, Baru 12 Negara Pastikan Lolos

Bola.com, Jakarta - Nasib Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 masih aman. Kepastian itu didapat dari pernyataan Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam kunjungannya ke Indonesia, Selasa (18/10/2022).

Infantino bahkan meyatakan tim FIFA akan datang langsung ke Indonesia. Mereka akan berkerja sama dengan pihak terkait di Tanah Air demi menyukseskan ajang bergengsi itu.

"Saya juga mau bilang, tahun depan kami bersama-sama akan menggelar Piala Dunia U-20. Turnamen ini adalah ajang yang paling penting setelah Piala Dunia senior," kata Infantino usai menjalani pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut pria berusia 52 tahun tersebut, Piala Dunia U-20 kerap menjadi ajang bagi para telenta muda untuk bersinar. Dari ajang itu, mereka kemudian bisa tumbuh menjadi pemain legendaris.

Sebut saja seperti yang dialami Lionel Messi, Paul Pogba, Diego Maradona, Ronaldinho, Phil Foden, dan masih banyak pemain hebat yang lain.

"Yang mana pemain terbaik di dunia akan datang ke Indonesia, talenta mereka akan bersinar dari Indonesia," ujar Infantino.

Piala Dunia U-20 2022 rencananya akan digelar di Indonesia mulai 20 Mei 2023 dan akan berakhir pada 11 Juni 2023.

Bola.com memiliki tiga fakta menarik mengenai ajang tersebut. Simak fakta-fakta itu di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Baru 12 Negara

Piala Dunia U-20 diikuti oleh 24 tim dari enam konfederasi yang menjadi anggota FIFA. Sejauh ini, baru 12 negara termasuk Indonesia yang sudah memastikan tiket ke ajang bergengsi itu.

Mereka adalah Inggris, Prancis, Israel, Palestina, Slovakia, Fiji, Selandia Baru, Amerika Serikat, Republik Dominika, Honduras, dan Guatemala.

Tiga konfederasi yakni AFC, CONMEBOL, dan CAF belum memastikan wakilnya. Ketiga konfederasi itu baru akan menggelar babak kualifikasi pada awal 2023 mendatang.

Dari 12 tim yang sudah memastikan lolos ke Indonesia tahun depan, ada dua tim yang sudah pernah merasakan gelar juara di Piala Dunia U-20. Mereka adalah Inggris (2017) dan Prancis (2013).

3 dari 4 halaman

Maskot Badak Cula Satu

Seperti lazimnya turnamen sepak bola atau olahraga yang lain, Piala Dunia U-20 2023 pun sudah memiliki maskot. Biasanya, maskot yang dipilih memiliki hubungan dekat dengan negara penyelenggara.

Pada Piala Dunia U-20 2023, ada maskot bernama Bacuya. Maskor itu sudah diluncurkan sejak September 2022 lalu.

Bacuya merupakan singkatan dari Badak Cula Cahaya. Bacuya terinspirasi dari hewan asli dan dilindungi di Indonesia, yakni badak jawa bercula satu.

Bacuya akan menjadi salah satu alat bagi Indonesia untuk mempromosikan Piala Dunai U-20 2022 ke seluruh penjuru dunia.

4 dari 4 halaman

Ditunda Karena COVID-19

Indonesia sebenarnya mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2021. Segala persiapan sudah dilakukan saat itu.

Mulai dari menyiapkan stadion arena pertandingan di beberapa kota. Juga fasilitas lain seperti lapangan latihan, hotel dan lain sebagainya.

Namun, Piala Dunia U-20 2021 tak pernah terlaksana. Kedatangan Pandemi COVID-19 memaksa ajang itu ditunda ke tahun 2023.

Indonesia tetap ditunjuk sebagai tuan rumah ajang itu. Sementara untuk tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 sampai saat ini mash belum ditentukan.

Video Populer

Foto Populer