Sukses


Sempat Tolak KLB, Achsanul Qosasi Baca Laporan TGIPF: PSSI Jangan Melawan Pemerintah, Liga 1 Akan Susah Dilanjutkan

Bola.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Achsanul Qosasi mengungkapkan pendapatnya terkait tuntutan kepada PSSI untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan yang dipimpin oleh Menko Polhukam, Mahfud MD merekomendasikan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral tragedi Kanjuruhan.

Selain itu, TGIPF juga meminta kepada PSSI untuk melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam waktu dekat yang artinya akan mencari pimpinan dan gerbong Exco PSSI yang baru.

Namun, Achsanul Qosasi tidak sepakat dengan desakan terhadap PSSI untuk merancang KLB karena "akan merancang permusuhan dan tidak baik bagi sesama penggemar sepak bola."

2 dari 5 halaman

Imbauan untuk PSSI

Pada Sabtu (22/10/2022) pagi WIB, Achsanul Qosasi memberitahu netizen bahwa ia telah membaca laporan TGIPF kepada Presiden Jokowi yang setebal 166 halaman.

Lewat akun Twitternya, @AchsanulQosasi, Presiden Madura United itu menganggap hasil kerja TGIPF itu sebagai "dasarnya keputusan Presiden."

"Sebaiknya PSSI jangan melawan pemerintah," ujar pria yang juga anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut.

3 dari 5 halaman

Minta Tunduk kepada Pemerintah

Achsanul Qosasi merasa bahwa PSSI harus tunduk dengan pemerintah demi nasib Liga 1 2022/2023 yang dihentikan sementara waktu.

"Jika PSSI terus melawan, sulit kompetisi akan kembali dputar," tutur Achsanul Qosasi.

"Karena semua infrastuktur sepak bola milik pemerintah, termasuk perizinan juga di bawah kendali pemerintah," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Peringatan TGIPF kepada PSSI

Sebagai peserta Liga 1 musim ini, Madura United adalah anggota PSSI dengan status voter yang berhak meminta PSSI untuk menggelar KLB.

Dalam garis besar kesimpulan dan rekomendasinya, TGIPF memperingkatkan kepada PSSI bahwa "pemerintah tidak akan memberikan izin pertandingan sepak bola profesional di bawah PSSI."

"Yaitu Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 sampai dengan terjadinya perubahan dan kesiapan yang signifikan oleh PSSI dalam mengelola dan menjalankan kompetisi sepak bola di Tanah Air," tulis poin nomor enam.

5 dari 5 halaman

Cuitan Achsanul Qosasi

Video Populer

Foto Populer