Sukses


3 Pemain PSM dengan Rapor Kinclong di Liga 1 Musim Ini: Dari Bawah Mistar Gawang hingga Ujung Tombak

Bola.com, Jakarta - Sebelum Liga 1 2022/2023 terhenti, PSM Makassar telah memainkan 10 pertandingan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu. PSM pun sukses berada di posisi ketiga dalam klasemen Liga 1 dengan catatan tanpa terkalahkan.

Laju PSM Makassar di awal Liga 1 2022/2023 impresif. Tim berjulukan Juku Eja itu bahkan tercatat menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga akhirnya kompetisi ditangguhkan.

PSM meraih enam kemenangan dan empat hasil imbang dalam 10 pertandingan pertamanya di Liga 1, yang membuat tim asuhan Bernardo Tavares itu mengoleksi 22 poin, hanya terpaut satu poin dari Borneo FC dan Madura United yang berada di dua posisi teratas dan sudah memainkan 11 laga.

Langkah PSM yang impresif tentu didukung kehadiran pemain-pemain yang tampil luar biasa. Padahal PSM tak hanya tampil di Liga 1 2022/2023, tapi juga bermain di Piala AFC 2022. PSM bahkan mencapai final zona ASEAN di kompetisi kasta kedua Asia tersebut.

Dari semua pemain yang dimiliki PSM Makassar pada musim ini, Bola.com memilih tiga pemain yang tergolong memberikan kontribusi besar dalam laju positif Juku Eja dalam 10 laga Liga 1 2022/2023 yang sudah mereka mainkan. Siapa saja mereka?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Yakob Sayuri

Tidak bisa dibantah lagi, pemain sayap berkaki cepat ini adalah bintang andalan PSM Makassar pada musim ini. Yakob Sayuri menjadi pemain dengan jumlah gol dan assist terbanyak PSM di Liga 1 2022/2023 hingga sejauh ini.

Pemain berusia 25 tahun itu tercatat sudah mencatatkan empat gol dan tiga assist. Gawang Bali United, Persebaya Surabaya, dan Persib Bandung sudah dibuatnya jebol.

Namun, yang menarik, sejauh ini semua gol yang dicetak oleh Yakob Sayuri untuk PSM di Liga 1 2022/2023 hanya tercipta dalam laga kandang yang digelar di Stadion BJ Habibie, Parepare.

3 dari 5 halaman

Muhammad Ramadhan Sananta

Pemain muda PSM Makassar ini mendapatkan kepercayaan dari Bernardo Tavares untuk bisa menjadi andalan di lini depan. Sananta menjawab kepercayaan dari Tavares dengan sangat baik.

Pemain berusia 19 tahun itu mendapatkan kesempatan bermain dalam tujuh pertandingan, di mana lima di antaranya sebagai starter. Sananta pun sejauh ini sudah mencetak tiga gol, yang dibuatnya ke gawang Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

 
4 dari 5 halaman

Muhammad Reza Pratama

 

Satu pemain lain yang menjadi kunci permainan PSM Makassar di Liga 1 2022/2023 tentunya adalah Muhammad Reza Pratama yang berdiri di bawah mistar gawang.

Reza Pratama mendapatkan kesempatan untuk mengawal gawang PSM dalam 10 pertandingan. Dari jumlah kesempatan yang telah didapatkannya pada musim ini, Reza mencatatkan empat clean sheet.

Artinya, Reza Pratama hanya kebobolan dalam enam pertandingan dan yang menarik, Reza hanya kebobolan satu gol dalam setiap dari enam pertandingan tersebut.

Masih berusia 22 tahun, Reza Pratama jelas merupakan calon kiper masa depan PSM Makassar dan Timnas Indonesia. Akan sangat sulit bagi lawan-lawan untuk menghentikan PSM dengan keberadaan Reza Pratama di bawah mistar gawang.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga 1 2022/2023

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer