Sukses


5 Pelatih Top yang Layak Menukangi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di SEA Games 2023 yang rencananya bergulir pada 5-17 Mei tahun depan di Phnom Penh, Kamboja. Namun, sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menukangi tim berjulukan Garuda Muda tersebut.

Pelatih Shin Tae-yong dipastikan tak akan memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Penyebabnya adalah karena pada periode tersebut terdapat agenda Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

Tak ingin konsentrasi terpecah, Shin Tae-yong mengajukan permintaan yang disetujui oleh PSSI untuk tidak menukangi Timnas U-23 di SEA Games. Sejak saat ini, mulai bermunculan nama-nama yang layak untuk diberi tanggung jawab krusial tersebut.

Namun, PSSI tentu tak ingin gegabah memberikan mandat mengingat SEA Games 2023 juga sangat penting. Maklum, Timnas Indonesia U-23 sudah lama tidak merasakan medali emas SEA Games sejak terakhir pada 1991.

Bola.com mencoba memilih pelatih-pelatih yang sekiranya punya kemampuan cukup dan mumpuni untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Lantas, siapa saja pelatih yang layak dibebani tanggung jawab tersebut?

2 dari 6 halaman

Nova Arianto

Nova Arianto menjadi kandidat paling kuat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Penyebabnya adalah Nova Arianto merupakan tangan kanan dari pelatih Shin Tae-yong selama ini di skuad Merah Putih.

Nova Arianto sudah menjadi asisten pelatih sejak 2019. Pria berusia 43 tahun itu dipercaya menjadi asisten pelatih di Timnas Indonesia senior, U-20, dan U-23.

Namun, pemberian kepercayaan penuh pada Nova Arianto tentu berisiko. Nova Arianto belum memiliki pengalaman yang cukup sebagai pelatih kepala untuk skala nasional.

3 dari 6 halaman

Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto menjadi nama yang menarik untuk dipertimbangkan. Kurniawan punya pengalaman yang cukup di dunia kepelatihan.

Kurniawan pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia pada 2018. Pria yang akrab disapa Si Kurus itu juga pernah menukangi klub Malaysia, Sabah FC.

Saat ini, Kurniawan terdaftar sebagai asisten pelatih klub Italia, Como 1907. Panggilan dari Timnas Indonesia U-23 tentu bisa membuat Kurniawan Dwi Yulianto tak berpikir panjang untuk pulang.

4 dari 6 halaman

Fakhri Husaini

Fakhri Husaini menjadi opsi yang menarik untuk menukangi Timnas Indonesia U-23. Bicara soal pengalaman, Fakhri Husaini sudah cukup khatam di level kelompok umur.

Fakhri Husaini pernah menukangi Timnas Indonesia U-16 dan U-19. Selain itu, Fakhri Husaini juga pernah menukangi klub Indonesia semisal Bontang FC, Persiba Balikpapan, Borneo FC, dan Persela Lamongan.

Namun, hubungan Fakhri Husaini dan PSSI belakangan diketahui kurang harmonis setelah penunjukkan Shin Tae-yong pada 2019. Kabarnya, Fakhri Husaini disebut pernah menolak tawaran untuk menjadi asisten dari pelatih asal Korea Selatan itu.

5 dari 6 halaman

Bima Sakti

Bima Sakti merupakan pelatih potensial yang bisa dipertimbangkan untuk menukangi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Selama ini, Bima Sakti sudah pernah menukangi Timnas Indonesia senior pada 2018 dan sekarang bertugas di U-16.

Bima Sakti dikenal sebagai pelatih yang punya kedekatan dengan pemain. Selain itu, Bima Sakti kerap memperkenalkan aspek non teknis di luar sepak bola yang membentuk karakter pemain semisal sisi religius.

Sayangnya, Bima Sakti merasa belum siap untuk diberi kepercayaan menukangi U-23. Bima Sakti menilai masih banyak pelatih yang layak untuk mengemban tanggung jawab tersebut.

6 dari 6 halaman

Indra Sjafri

Opsi terakhir yang paling mungkin adalah Indra Sjafri. Meskipun saat ini berperan sebagai Direktur Teknik PSSI, namunĀ Indra Sjafri punya latar belakang yang mengilap bersama Timnas Indonesia kelompok umur.

Indra Sjafri pernah menukangi Timnas Indonesia U-16, U-19, dan U-23. Pencapaiannya pun tak main-main yakni persembahan gelarĀ Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019.

Indra Sjafri juga pernah mempersembahkan medali perak SEA Games 2019 untuk Timnas Indonesia U-23. Jadi, pelatih Shin Tae-yong tentu tak perlu ragu untuk memberikan mandat pada pria asal Sumatra Barat tersebut.

Video Populer

Foto Populer