Sukses


Dua Musim Bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Berkembang Signifikan

Bola.com, Jakarta - Sudah dua tahun Asnawi Mangkualam Bahar meniti karier di Korea Selatan bersama klub K-League 2, Ansan Greeners. Sepanjang dua musim pertamanya di Korea, pemain asal Makassar ini memperlihatkan perkembangan yang signifikan sebagai pesepak bola profesional.

Sejak bergabung bersama Ansan Greeners pada Januari 2021 berkat rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam tampaknya cukup nyaman berkarier di Korea Selatan.

Menjadi pemain pertama asal Asia Tenggara yang membela Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam langsung beradaptasi dengan baik.

Bahkan yang bisa disyukuri oleh pemain yang kini sudah berusia 23 tahun ini adalah kesempatan bermain yang lebih banyak bersama Ansan Greeners ketimbang saat masih membela PSM Makassar.

2 dari 5 halaman

40 Penampilan Liga dalam 2 Musim

Putra dari mantan pemain PSM Makassar, Bahar Muharram, itu sampai saat ini sudah mengoleksi 40 penampilan bersama Ansan Greeners dalam dua musim K-League 2.

Jumlah tersebut hanya terpaut empat penampilan yang didapatnya dalam empat musim Liga 1 bersama PSM Makassar, mulai dari 2017 hingga 2020, yang disetop karena pandemi COVID-19.

Jumlah penampilan yang meningkat signifikan pada musim kedua di Ansan Greeners juga menjadi bukti bagaimana Asnawi Mangkualam kini sudah menjadi bagian penting dari Ansan Greeners.

Bahkan jelang tahun terakhir kontraknya di Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam masih punya target tinggi.

3 dari 5 halaman

Lebih Sering Main dan Cetak Gol pada Musim Kedua

Pada musim perdananya bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam tercatat 14 kali bertanding dengan 12 kali menjadi starter. Pada musim perdananya itu pula Asnawi Mangkualam mencatatkan satu assist saat menghadapi Daejon Citizen pada laga pekan kedelapan K League 2 2021.

Namun, menjalani musim perdana yang terbilang baik di Korea, Asnawi berhasil memperlihatkan peningkatan yang signifikan pada musim 2022.

Pemain yang sempat dipercaya Shin Tae-yong menjadi kapten Timnas Indonesia itu sukses mencatatkan 26 penampilan di K League 2 dengan 16 kali menjadi starter.

Kontribusinya bersama tim pun lebih besar. Tak hanya mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk bermain, Asnawi juga berhasil mencetak dua gol dan dua assist untuk Ansan Greeners.

Dua gol dicetaknya pada Juli 2022, saat Ansan Greeners menang 3-1 atas Gimpo Citizen dan 3-0 atas Jeonnam Dragons.

4 dari 5 halaman

Ingin Bermain di K League 1

 

Asnawi Mangkualam masih punya keinginan di Korea Selatan, yaitu tampil di kasta tertinggi sepak bola Korea Selatan, K League 1.

Saat ini, pemain yang pernah berposisi sebagai gelandang sebelum diplot menjadi bek sayap kanan ini masih berharap bisa melakukannya bersama Ansan Greeners.

Namun, tidak menutup kemungkinan Asnawi melakukannya bersama klub lain andai targetnya tersebut tidak terwujud pada musim depan yang hingga kini masih disebut sebagai musim terakhirnya bersama Ansan Greeners.

Hingga saat ini belum ada kepastian apakah kontrak Asnawi akan diperpanjang lagi oleh klub.

 

5 dari 5 halaman

Performa Ansan Greeners dalam 2 Musim Terakhir

 

Ansan Greeners hanya finis di posisi kesembilan dari 11 tim yang berkompetisi di K League 2.

Dari 40 pertandingan yang dijalani, di mana setiap tim akan bermain 4 kali menghadapi lawan yang sama dalam satu musim, Ansan Greeners mendapatkan delapan kemenangan dan 13 hasil imbang, yang artinya ada 19 laga yang berakhir dengan kekalahan.

Meski Asnawi Mangkualam bermain lebih sering pada musim 2022 dibandingkan pada musim perdananya bersama Ansan Greeners, tapi hasil akhir klub tersebut di kasta kedua Liga Korea itu tak berbanding lurus.

Pada musim 2021, Ansan Greeners justru finis di posisi yang lebih baik, yaitu di peringkat ketujuh dari 10 tim yang berkompetisi.

Video Populer

Foto Populer