Sukses


Deretan Pemain Naturalisasi yang Pernah Singgah di Persib, Bagaimana Kinerjanya?

Bola.com, Bandung - Persib Bandung kerap menggunakan jasa pemain naturalisasi dalam mengarungi kompetisi Liga Indonesia. Tercatat sudah ada sembilan pemain naturalisasi yang pernah menjadi bagian dari tim berjulukan Maung Bandung.

Kehadiran pemain naturalisasi ini memang sebagai cara agar Persib bisa bersaing ketat dalam perebutan gelar juara. Mengingat, kuota pemain asing di Liga Indonesia terbatas yakni 3+1 (Asia).

Untuk musim ini, Persib menggunakan tiga pemain naturalisasi. Ketiga pemain tersebut adalah Marc Klok, Ezra Walian dan Victor Igbonefo.

Meski demikian, Persib ternyata sudah memakai jasa pemain naturalisasi sejak 2009. Bola.com akan mengulas kinerja mereka selama memperkuat Persib Bandung.

2 dari 11 halaman

Cristian Gonzales

Pemain yang kini berusia 46 tahun ini sempat menjadi bagian Persib selama tiga musim tepatnya sejak 2009 hingga 2011.

Selama dua tahun setengah membela Persib, El Loco julukannya mampu menjadi mesin gol Skuad Maung Bandung. Bahkan, musim pertamanya dia berhasil menyumbangkan 14 gol.

Total sudah 41 gol Gonzales catatankan selama memperkuat Persib. Hingga akhirnya dia resmi menjadi warga negara Indonesia pada 2010 lalu.

3 dari 11 halaman

Sergio van Dijk

Kehadiran Sergio Van Dijk di Persib sempat mendapat sorotan. Pasalnya, Sergio Van Dijk merupakan penyerang mumpuni dan pernah merumput di klub Liga Australia, Adelaide United.

Manajemen Persib merekrut Sergio pada 2013. Namun sebelum bergabung dengan Persib, penyerang berkepala plontos ini sudah merampungkan proses naturalisasinya.

Dalam laga debutnya, Sergio Van Dijk sukses mencetak satu gol saat Persib bersua Persisam Samarinda pada 2013. Namun, sayangnya gol itu tak membantu Persib keluar sebagai pemenang.

4 dari 11 halaman

Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain berusia 32 tahun ini pernah membela Persib Bandung pada 2016. Kim Jeffrey merupakan gelandang yang punya determinasi tinggi.

Namun sebelum berlabuh ke Persib, Kim sudah menyandang status pemain naturalisasi sejak 2010.

Kehadiran Kim Jeffrey di Persib sempat mendapat cemoohan dari Bobotoh. Penampilan pemain berdarah Jerman itu dianggap tidak sesuai harapan.

Akan tetapi, perlahan Kim mampu menjadi andalan tim di lini tengah. Hingga akhirnya dia berpisah dengan Skuad Maung Bandung pada 2020 dan bergabung dengan PSS Sleman.

5 dari 11 halaman

Raphael Maitimo

Pemain kelahiran Belanda ini merupakan gelandang serang Persib di musim 2017. Di lini tengah, Maitimo berduet dengan pemain kelas dunia, Michael Essien.

Satu musim bersama Persib, Maitimo gagal mengangkat perfoma tim. Persib saat itu terpuruk di posisi ke 13 klasemen akhir dengan koleksi 41 poin dari 34 laga.

6 dari 11 halaman

Victor Igbonefo

Pemain kelahiran Nigeria ini sudah resmi menjadi WNI sejak 2011. Namun, Persib baru bisa memakai jasa Victor Igbonefo pada Liga 1 2018.

Persib mendatangkan Igbonefo untuk memperkuat lini belakang. Kepercayaan tersebut mampu dibuktikan dengan penampilan apik.

Persib yang saat itu dilatih Mario Gomez mampu bercokol di puncak klasemen pada paruh musim. Namun, perfoma Persib menurun dan menempati posisi ke-4.

7 dari 11 halaman

Esteban Vizcarra

Pemain 36 tahun ini kini memperkuat Madura United. Meski usianya tidak muda lagi tetapi pergerakannya masih mampu membuat lawan kewalahan.

Persib baru merekrut Esteban Vizcarra pada 2019. Namun, sebelum gabung Persib dia sudah menjadi WNI pada 2018 saat masih membela Sriwijaya FC.

Kebersamaan Vizcarra bersama Persib memang tidak bertahan lama. Dia juga jarang mendapat tempat di skuat inti karena beberapa kali mengalami cedera dan harus menepi.

8 dari 11 halaman

Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame menjadi pemain naturalisasi yang paling sial bersama Persib. Fabiano tersandung masalah dengan klub sebelumnya Madura United dalam proses perpindahan pemain.

Hingga akhirnya, Fabio gagal memperkuat Persib di Liga 1 2019. Kemudian, ujian kembali dihadapi Fabio karena kompetisi Liga 1 2020 terpaksa dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Kini Fabio menjadi tembok besar bagi pertahanan Persis Solo. Fabiano dikenal sebagai bek tangguh tanpa kompromi.

9 dari 11 halaman

Ezra Walian

Jebolan Ajax Amsterdam ini merupakan bagian dari skuad Maung Bandung musim 2021. Tendangannya yang terukur kadang membuat lawan kewalahan.

Sebelum memperkuat Persib, Ezra sudah menjadi WNI pada 2021. Dia juga langsung dilibatkan dalam turnamen Piala Menpora Maret 2021.

Prestasi terbaiknya bersama Persib, Ezra sukses mengantarkan Maung Bandung ke final Piala Menpora. Hingga akhirnya Persib kalah dari Persija dengan agregat 4-1.

10 dari 11 halaman

Marc Klok

Pemain kelahiran Belanda ini jadi andalan Persib Bandung di lini tengah. Klok diketahui jago dalam urusan memotong aliran bola lawan.

Selain itu, Klok piawai dalam urusan bola- bola mati. Tak jarang tendangan bebasnya berbuah gol kemenangan.

Berkat penampilan apiknya, Marc Klok mendapat panggilan dari Timnas Indonesia. Dia menjalani debut bersama Timnas saat melawan Bangladesh di FIFA Matchday.

Klok akhirnya mendapat status sebagai WNI saat berseragam Persija Jakarta pada 2021.

11 dari 11 halaman

Tengok Posisi Persib di Klasemen Liga 1

Video Populer

Foto Populer