Sukses


Daftar Lengkap Eks Pemain Premier League yang Pernah Merumput di Indonesia: Cristiano Ronaldo Nyusul?

Bola.com, Jakarta - Belum lama ini Manchester United dan Cristiano Ronaldo sepakat mengakhiri kerja sama. Satu hal yang menjadi penyebabnya dalah komentar-komentar pedas yang dilontarkan Ronaldo untuk manajemen dan Manchester United secara umum.

Pada bursa transfer Januari 2023, Ronaldo bebas pindah ke klub manapun. Kebetulan saat itu bursa transfer Liga 1 masih dibuka.

Klub kontestan liga kasta tertinggi di sepak bola Tanah Air itu bisa mendatangkan pemain manapun yang mereka inginkan. Tentu dengan mempertimbangkan kemampuan finansial mereka.

Sebenarnya tidak salah memimpikan ada klub Liga 1 yang berani menampung Cristiano Ronaldo. Sebab, dalam sejarah cukup banyak alumni tim Premier League yang mencicipi kerasnya liga sepak bola Indonesia.

2 dari 5 halaman

Gebrakan Liga 1 2017

Liga 1 musim 2017 bisa dikatakan sebagai salah satu liga paling menarik yang pernah ada di Indonesia. Jika saat itu ukurannya adalah banyaknya Marquee Player yang beredar.

Persib Bandung memiliki duo eks Premier League, Carlton Cole dan Michael Essien. Meski Cole pada akhirnya tak banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Ada pula Peter Odemwingie di Madura United, Mohamed Sissoko di Mitra Kukar. Jangan lupakan pula keberadaan Didier Zokora di Semen Padang.

3 dari 5 halaman

Berlanjut di Tahun 2018

Pada Liga 1 musim berikutnya ada beberapa pemain eks Premier League yang mencoba peruntungan di Indonesia. Eks West Ham United, Julien Faubert menerima tawaran dari Borneo FC.

Klub Kalimantan Timur yang lain, Mitra Kukar tak mau kalah. Mereka merekrut mantan gelandang Liverpool, Danny Guthrie. Selain membela Liverpool, Guthrie dikenal pernah memperkuat beberapa klub Inggris lain termasuk Blackburn Rovers.

Sayangnya, penampilan keduanya bisa dikatakan biasa saja. Mereka pun kompak hanya semusim saja bermain di kerasnya sepak bola Indonesia.

4 dari 5 halaman

Generasi Pertama

Eks gelandang Aston Villa, Lee Hendrie bisa dikatakan sebagai generasi pertama eks Premier League yang bermain di Indonesia. Hendrie dikontrak Bandung FC pada 2011.

Sayangnya, Bandung FC yang saat itu diperkuat Hendrie berlaga di Liga Primer Indonesia. Liga yang saat itu dianggap ilegal.

Di tahun yang sama, Marcus Bent pun datang ke Indonesia. Ia menerima pinangan dari Mitra Kukar ketika itu.

Selama berkiprah di Inggris, Marcus Bent pernah membela Brentford, Crystal Palace, Port Vale, Sheffield United, Blackburn Rovers, dan Ipswich Town. Kemudian juga Leicester City, Everton, Charlton Athtletic, Wigan Athletic, Birmingham City, Middlesbrough, Queens Park Rangers, serta Wolverhampton Wanderers.

5 dari 5 halaman

Deretan eks Pemain Premier League di Indonesia

Carlton Cole

Mihcael Essien

Peter Odemwingie

Mohamed Sissoko

Julien Faubert

Didier Zokora

Danny Guthrie

Marcus Bent

Lee Hendrie

Video Populer

Foto Populer