Sukses


Kapan BRI Liga 1 Dilanjutkan jika Bukan 2 Desember 2022? Begini Jawaban PT LIB

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 batal dilanjutkan pada 2 Desember 2022. Lantas, kapan kompetisi kasta teratas Liga Indonesia itu bisa dimulai?

PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Mabes Polri pada Selasa (29/11/2022).

"Jadi, kami belum bisa bicara kepastian kelanjutan Liga 1. Seperti pada 2 Desember 2022, 3 Desember 2022, atau seterusnya," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus dinukil dari Antara.

"Sebab, memang ada tahapan verifikasi yang mesti dilalui. Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum disurvei," imbuh Ferry Paulus.

2 dari 7 halaman

5 Stadion

Sebelumnya, PT LIB berencana untuk kembali memulai Liga 1 pada 2 Desember 2022 dengan format bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

PT LIB menyediakan lima stadion untuk menjadi tuan rumah Liga 1 secara terpusat. Kelimanya adalah Stadion Jatidiri Semarang hingga Stadion Maguwoharjo Sleman.

Selain itu, masih ada Stadion Manahan Solo, Stadion Sultan Agung Bantul, dan Stadion Moch. Soebroto Magelang.

3 dari 7 halaman

Verifikasi

Kelima stadion itu perlu diverifikasi, terutama Stadion Sultan Agung dan Stadion Moch. Soebroto yang belum mendapatkan jatah untuk dicek. Verifikasi akan dilakukan KemenPUPR, Kemenkes, hingga Polri.

"Terkait apakah nantinya bakal ada perubahan stadion, keputusan akan diambil begitu ada hasil verifikasi. Untuk stadion lainnya di luar bubble, akan masuk tahap verifikasi setelah ini," imbuh Ferry Paulus.

4 dari 7 halaman

Rakor dengan Polri

Rakor PT LIB dengan Mabes Polri menyepakati bahwa Perpol Nomor 10 Tahun 2022 masih perlu dimatangkan. "Ada beberapa hal yang perlu kami kerjakan dalam beberapa hari ke depan," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Perpol Nomor 10 Tahun 2022 berisikan tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga yang terbit pada 28 Oktober 2022 bertanda tangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

5 dari 7 halaman

Penjelasan Ferry Paulus

"Utamanya adalah kepolisian bersama KemenPUPR dan Kemenkes akan melakukan verifikasi tentang beberapa tahapan Perpol Nomor 10 Tahun 2022," tutur Ferry Paulus.

"Kemudian, dari situ baru nanti ada kepastian kapan kelanjutan Liga 1. Sebab, kami harus melalui tahapan-tahapan itu," jelas Ferry Paulus.

6 dari 7 halaman

Komentar Ferry Paulus

"Apalagi, verifikasi pertama selama ini belum ada peraturan polisi yang baru. Sehingga perlu ada tekniks yang kami lakukan kaitannya dengan beberapa hal yang harus diverifikasi," imbuh Ferry Paulus.

"Sebenarnya kami juga sudah melakukan beberapa terobosan ke KemenPUPR terkait audit stadion. Lalu ke Kemenkes dan Polri terkait kelanjutan Liga 1," papar Ferry Paulus.

7 dari 7 halaman

Klasemen Sementara Liga 1

Video Populer

Foto Populer