Sukses


Shin Tae-yong Diminta Lapor jika Ada Klub Liga 1 yang Menolak Melepas Pemainnya ke Timnas Indonesia, Termasuk untuk Piala AFF 2022

Bola.com, Gianyar - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diminta untuk melapor ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali jika ada klub Liga 1 yang menolak melepas pemainnya, termasuk untuk Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong berkeluh kesah kepada Amali ketika politisi Partai Golkar itu mengunjungi pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 di Gianyar, Bali pada Sabtu (3/12/2022).

Shin Tae-yong curhat kerap kesusahan memanggil pemain karena terbentur izin dari klub untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Merespons cerita Shin Tae-yong, Zainudin Amali menjelaskan bahwa penyebab pihaknya merekomendasikan Liga 1 2022/2023 untuk dilanjutkan adalah demi kepentingan Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Pernyataan Zainudin Amali

"Jadi, alasan kompetisi bermain lagi itu karena Timnas Indonesia. Saya sudah bicara dengan klub-klub Liga 1, karena para pemain banyak dari Liga 1," ujar Zainudin Amali dinukil Antara.

"Saya sudah sampaikan bahwa kompetisi digulirkan lagi alasannya untuk Timnas Indonesia."

"Coach Shin Tae-yong sempat menghubungi saya ketika dia di Spanyol sedang memimpin pemusatan latihan timnas U-20. Jadi, kalau buka untuk timnas, belum tentu kepolisian mengizinkan kompetisi," tuturnya.

3 dari 5 halaman

3 Pemain Belum Gabung

Shin Tae-yong memanggil 28 pemain untuk pemusatan latihan di Bali sebagai persiapan demi Piala AFF 2022 pada akhir bulan ini.

PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta menjadi tim terbanyak yang mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia. Keempatnya menyumbangkan tiga nama.

Sejauh ini, tinggal tiga pemain yang belum bergabung ke training center Timnas Indonesia. Ketiganya adalah Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman. Ketiganya tidak bermain di Liga 1, melainkan di luar negeri.

"Kalau ada klub yang akhirnya tidak mau kasih izin pemainnya ke Timnas Indonesia, kasih tahu saya," imbuh Amali.

4 dari 5 halaman

Kelanjutan Liga 1

Liga 1 dijadwalkan kembali dimulai pada Senin (5/12/2022) hingga 24 Desember 2022 secara bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk menghabiskan putaran pertama Liga 1.

Sementara, Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 pada 16 Januari 2023 alias sedikit berbenturan dengan Liga 1.

"Kalau ada apa-apa, kasih tahu ke PSSI. Nanti saya juga akan bantu," ucap Zainudin Amali kepada Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia

  • Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,
  • Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah
  • Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani
  • Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer