Sukses


Kronologi dan Detik-Detik Liga 1 Main Lagi: 6 Klub Sudah di Stadion, 15.30 WIB Izin Belum Turun, Kick-off Tertunda 45 Menit

Bola.com, Solo - Enam klub Liga 1 2022/2023 telah berada di tiga stadion yang berbeda untuk bermain pada Senin (5/12/2022) pukul 15.30 WIB sesuai jadwal dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Namun, enam tim tersebut belum bisa bertanding karena izin untuk kelanjutan Liga 1 belum turun. Bagaimana ceritanya?

PT LIB sangat nekat. Pada 2 Desember 2022 malam WIB, Perusahaan pimpinan Ferry Paulus itu mengumumkan bahwa Liga 1 akan dilanjutkan pada 5 Desember 2022. Ketika itu, PT LIB mengaku telah mendapatkan rekomendasi dari kepolisian.

Pada Sabtu, 3 Desember 2022 pagi WIB, PT LIB menarik informasi terkait izin dari kepolisian. Pada malam harinya, operator kompetisi itu memperbarui rilisnya bahwa rekomendasi dari Polri masih dalam proses alias belum terbit.

Pada hari yang sama, PT LIB mengirimkan jadwal sisa putaran pertama mulai dari pekan ke-12 hingga pekan ke-17 Liga 1 kepada 18 kontestan.

2 dari 8 halaman

Presiden Madura United Bongkar Liga 1 Sempat Belum Dapat Izin

Keesokan harinya atau pada Minggu (4/12/2022), Achsanul Qosasi selaku Presiden Madura United mengungkapkan secara gamblang bahwa PT LIB belum mengantungi izin dari kepolisian untuk melanjutkan Liga 1.

Namun, pada hari yang sama, Acshanul Qosasi menyebut bahwa Madura United tetap melakukan perjalanan ke Solo, Jawa Tengah karena dijadwalkan bertanding pada hari pertama kelanjutan Liga 1.

"Kami wajib menjalankan. Walaupun di tengah keraguan karena izin dari Kapolri melalui Kabaintelkam Polri belum diterima PT LIB," jelas pria yang karib dipanggil AQ itu.

"Yang ada, baru pengajuan izin dari Polresta Surakarta ke Polda Jawa Tengah. Selain itu, hak klub dari segi subsidi belum juga diterima," imbuh Achsanul Qosasi.

3 dari 8 halaman

Liga 1 Sudah Mau Mulai, tapi Izin Belum Turun

Pada Senin (5/12/2022) siang WIB atau hari kelanjutan Liga 1, tersiar kabar bahwa Menko Polhukam, Mahfud MD menggelar rapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Pertemuan ketiga pihak itu akan diakhiri oleh konferensi pers yang sedianya dimulai pada pukul 15.00 WIB atau 30 puluh menit sebelum kick-off tiga partai untuk memulai kelanjutan Liga 1.

Dari pantauan di media sosial, enam klub yang terdiri dari PSM Makassar, Persikabo 1973, Madura United, PSIS Semarang, Bhayangkara FC, dan PSS Sleman sudah menginjakkan kaki di tiga stadion meski izin untuk Liga 1 belum turun.

Konferensi pers antara Mahfud MD, Zainudin Amali, dan Listyo Sigit lalu tidak kunjung dimulai meski jarum jam telah menunjukkan pukul 15.30 WIB atau waktu kick-off tiga partai Liga 1.

4 dari 8 halaman

Akhirnya Pemerintah Berikan Izin

Di tiga tempat lain, enam klub Liga 1 juga belum memasuki lapangan meski kick-off telah dimulai, bahkan lewat.

Sekitar pukul 15.35 WIB, konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kemenko Polhukam RI akhirnya berputar. Mahfud MD berbicara lebih dulu. Dia mengumumkan keputusan krusial untuk nasib Liga 1 bahwa pemerintah mengizinkan kompetisi kembali dilanjutkan.

"Sekarang, pemerintah mengumumkan bahwa Liga 1 dapat diselesaikan sesuai jadwal yang sudah ada," ujar Mahfud MD.

"Kompetisi diizinkan berjalan namun tanpa penonton. Bersamaan dengan itu, reformasi sepak bola nasional khususnya PSSI tetap berlangsung," jelasnya.

5 dari 8 halaman

Dukungan dari Kapolri

Selaras dengan keputusan pemerintah, Listyo Sigit juga mengungkapkan bahwa Polri mempersilakan Liga 1 untuk berlangsung pada hari ini.

"Sesuai dengan kesepakatan, maka setelah ini, untuk menyelesaikan sisa Liga 1, kami mendukung untuk dilanjutkan," ujar Listyo Sigit.

"Kami juga mendukung terkait pelaksanaan kegiatan sepak bola ke depan, akan ada Piala Dunia U-20 2023 dan lain-lain."

"Kami harapkan dengan evaluasi yang ada, kompetisi dapat berjalan lebih baik hingga standar keamanan yang lebih baik," jelas Listyo Sigit.

6 dari 8 halaman

Dibuka Iwan Bule dan Sudjarno

Konferensi pers Mahfud MD, Zainudin Amali, dan Listyo Sigit selesai sekitar pukul 15.55 WIB. Sekitar 20 menit berselang, Liga 1 resmi dilanjutkan dengan ditandai oleh kick-off PSM Makassar kontra Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung, Bantul.

Lalu, disusul oleh sepak mula Madura United melawan PSIS Semarang di Stadion Manahan, Solo dan Bhayangkara FC versus PSS Sleman di Stadion Jatidiri, Semarang.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno membuka kelanjutan Liga 1 dengan memasuki lapangan Stadion Manahan sesaat sebelum laga Madura United menghadapi PSIS digelar.

7 dari 8 halaman

Jadwal Pekan ke-12 Liga 1 2022/2023

5 Desember 2022

  • Bhayangkara FC Vs PSS Sleman Pukul 15.30 WIB di Stadion Jatidiri, Semarang
  • Madura United Vs PSIS Semarang Pukul 15.30 WIB di Stadion Manahan, Solo
  • PSM Makassar Vs Persikabo 1973 Pukul 15.30 WIB di Stadion Sultan Agung, Bantul
  • Persita Tangerang Vs Bali United Pukul 18.30 WIB di Stadion Manahan, Solo

6 Desember 2022

  • Persebaya Surabaya Vs Barito Putera Pukul 15.30 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Persis Solo Vs RANS Nusantara FC Pukul 18.30 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Persija Jakarta Vs Borneo FC Samarinda Pukul 18.30 WIB di Stadion Sultan Agung, Bantul

7 Desember 2022

  • Dewa United Vs Arema FC Pukul 15.15 WIB di Stadion Manahan, Solo
  • Persik Kediri Vs Persib Bandung Pukul 18.15 WIB di Stadion Manahan, Solo
8 dari 8 halaman

Klasemen Sementara Liga 1

Video Populer

Foto Populer