Sukses


Bedah Kekuatan Rival Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022: Kamboja Andalkan Skuad Muda

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tentu harus mewaspadai Kamboja sebagai satu di antara pesaingnya pada Grup A Piala AFF 2022. Meski rekam jejaknya tak begitu mentereng, skuad Angkor Warriors yang berstatus tim kuda hitam bisa saja merepotkan.

Pada Piala AFF 2022, Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) telah mengumumkan 24 nama pemain Timnas Kamboja yang dipilih pelatih Ryu Hirose.

Dari nama-nama pemain yang dibawa, ada sejumlah catatan menarik yang patut dilacak. Pasalnya, tak banyak pemain senior yang dibawa Timnas Kamboja. Tercatat hanya Thierry Bin (25 caps), Sos Souhana (52 caps), dan Keo Sokpheng (52 caps) yang mendapat panggilan.

Ketiganya memang bakal menjadi pilar penting di Tim Angkor Warriors. Thierry, Sos, dan Keo adalah pemain-pemain senior yang sudah kenyang pengalaman di level internasional.

Tiga pemain tersebut nantinya bakal menanggung beban ganda, satu di antaranya sebagai pembimbing. Saat ini ada banyak pemain muda yang turut diangkut Timnas Kamboja untuk menghadapi persaingan ketat Grup A Piala AFF 2022.

 

2 dari 5 halaman

Bawa Dua Pemain Abroad

Pada Piala AFF 2022, skuad Angkor Warriors akan menggunakan jasa dua pemain keturunan yang berkarier di luar negeri. Mereka adalah Boris Kok dan Nick Taylor

Untuk diketahui, Boris Kok merupakan gelandang bertahan yang lahir dan dibesarkan di Prancis. Saat ini, pemain berusia 31 tahun itu berkarier di Liga Super Malaysia 2022 bersama Sarawak United.

Selanjutnya, di lini serang, ada pemain bernama Nick Taylor yang akan mengisi sektor penyerangan. Meskipun lahir di Amerika Serikat, striker berusia 24 tahun itu sudah mencetak debut bersama Timnas Kamboja.

Momen itu tepatnya terjadi dalam laga kontra Bangladesh pada 23 Desember 2022. Saat itu, pemain kelahiran Texas tersebut berkarier bersama Orlando City B di ajang MLS Next Pro.

 

3 dari 5 halaman

Pilar Muda Potensial

Daftar nama pemain yang dibawa Ryu Hirose pada penampilan Piala AFF yang kesembilan ini turut menyertakan beberapa pemain muda yang potensial.

Setidaknya, ada tiga nama pemain muda yang patut dinantikan kiprahnya, mereka adalah Sa Ty (21 tahun), Lim Pisoth (21 tahun), dan Chantea Sieng (20 tahun).

Meskipun demikian, ketiga sudah sempat bermain pada Piala AFF 2020. Lim Pisoth dan Chantea Sieng, misalnya, turut tampil sebagai starter ketika Kamboja digulung Indonesia dengan skor 2-4 pada Grup A.

Adapun Sa Ty saat itu hanya dapat kesempatan turun sebagai pengganti ketika skuad Angkor Warriors digasak Vietnam empat gol tanpa balas pada laga pamungkas Grup A.

Chantea Sieng juga patut menjadi sosok yang harus diwaspadai. Striker mungil dengan postur 165 cm tersebut punya potensi besar untuk merepotkan barisan pertahanan Timnas Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Kiprahnya Biasa Saja

Sejak pertama kali berpartisipasi pada Piala Tiger 1996, Kamboja belum bisa membuktikan dirinya sebagai satu di antara kontestan yang mengancam.

Mereka juga tidak banyak berpartisipasi. Dari total 13 edisi sebelum 2022, Kamboja hanya delapan kali menjadi peserta. Terdapat beberapa momen di mana mereka gagal lolos dari fase kualifikasi.

Dari semua penampilan itu, pencapaian terbaik Angkor Warriors hanya mentok pada fase penyisihan grup. Artinya, belum ada satu pun keberhasilan lolos ke semifinal.

Pada edisi terakhir, misalnya, Kamboja jadi bulan-bulanan di Grup B Piala AFF 2020. Mereka hanya bisa meraih satu kemenangan atas Laos (3-0), dan sisanya digulung Malaysia (1-3), Indonesia (2-4), dan Vietnam (0-4).

5 dari 5 halaman

Simak Hasil Undian Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer