Sukses


BRI Liga 1: Kesan Ricky Fajrin Jadi Kapten Bali United dan Konsistensi Mengejutkan Serdadu Tridatu

Bola.com, Denpasar - Saat Ilija Spasojevic masih absen karena mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022 dan Fadil Sausu dicadangkan oleh pelatih Bali United, Stefano Cugurra, maka Ricky Fajrin memiliki peran anyar.

Dalam dua pertandingan pertama Bali United setelah kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 berlanjut, yaitu menghadapi Persita Tangerang dan Bhayangkara FC, Ricky Fajrin diplot sebagai kapten.

Teco, sapaan karib Stefano Cugurra, sempat mengungkapkan alasannya memilih Ricky Fajrin sebagai kapten setelah laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, 5 Desember 2022. Teco menyebut Ricky Fajrin adalah pemain terlama yang dimiliki Bali United saat ini.

Alasan tersebut masuk akal karena memang Ricky sudah bersama Bali United sejak klub tersebut terbentuk pada 2015. Ricky pun mengaku ban kapten yang melingkar di lengannya ditanggapnya tak memberikan perbedaan signifikan bagi perannya di lapangan.

"Bedanya mungkin saya jadi lebih sering berkomunikasi dengan wasit. Sudah itu saja. Sebelumnya jarang sekali saya berkomunikasi dengan wasit. Sebagai kapten, saya harus berkomunikasi dengan wasit," ujar Ricky Fajrin.

Tampaknya Ricky Fajrin masih akan didapuk sebagai kapten Bali United hingga Piala AFF 2022 berakhir pada Januari 2023.

 

2 dari 5 halaman

Konsistensi yang Mengejutkan

Terlepas dari kesan Ricky Fajrin sebagai kapten baru timnya, Bali United selalu meraih kemenangan dalam dua laga pertama setelah kompetisi berlanjut.

Konsistensi itu berbuah manis, di mana Bali United kini berada di peringkat kedua, tepat di bawah pemuncak klasemen PSM Makassar.

Konsistensi Bali United sebenarnya cukup mengejutkan. Saat kompetisi berhenti karena Tragedi Kanjuruhan, tak ada satu laga uji coba pun yang dilakukan oleh Bali United.

Bandingkan saja dengan tim-tim lain yang memilih melakukan laga uji coba. Sebut saja Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persikabo 1973, Persib Bandung, hingga Persis Solo.

Bahkan Bhayangkara FC yang dicukur tiga gol tanpa balas oleh Bali United pada pekan ke-13 BRI Liga 1, berlatih rutin dan melakukan serangkaian uji coba saat kompetisi masih berhenti.

Bali United hanya berlatih dan tidak pernah melakukan laga uji coba karena sulit mencari lawan. Mencari klub Liga 3 di Bali sulit.

Perseden Denpasar sebagai kampiun Liga 3 Bali 2022, sudah diliburkan. Butuh biaya besar juga bagi Bali United jika harus beruji coba ke luar Bali.

3 dari 5 halaman

Selalu Memberikan yang Terbaik

Menurut Ricky Fajrin, selama menjalani latihan bersama Bali United, para pemain sudah berusaha berlatih maksimal. Justru yang membuat Bali United mampu bersaing adalah tekad para pemain untuk memperlihatkan yang terbaik ketika harus bertanding.

"Kami memang tidak pernah melakukan uji coba dengan tim lain. Kami hanya melakukan internal game dan hanya berlatih rutin seperti biasa," ujar Ricky.

"Namun, dalam setiap latihan, kami berusaha untuk menunjukkan kemampuan terbaik kami. Bisa dilihat dalam dua laga terakhir, kami bisa meraih hasil maksimal dan tidak kehilangan organisasi di lapangan. Kami semua tetap kompak di lapangan. Hasilnya jelas bagus untuk Bali United," ucap bek kiri asal Semarang, Jawa Tengah itu.

Bali United tidak melakukan uji coba selama dua bulan terakhir, Ricky Fajrin menuturkan jika Teco memberikan program latihan yang berimbang, terutama dari segi fisik agar kondisi Willian Pacheco dkk. tetap terjaga jika sewaktu-waktu BRI Liga 1 akhirnya bergulir kembali.

"Saat tim lain melakukan uji coba, kami push fisik kami. Kemudian kami juga tetap melakukan program latihan taktikal," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Bali United

Hasil Bali United Setelah BRI Liga 1 Berlanjut

5 Desember 2022

  • Persita 2-3 Bali United

8 Desember 2022

  • Bali United 3-0 Bhayangkara FC

Jadwal Bali United Selanjutnya

12 Desember 2022: Madura United vs Bali United

15 Desember 2022: Bali United vs Borneo FC

19 Desember 2022: Bali United vs PSS Sleman

22 Desember 2022: PSIS Semarang vs Bali United

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer