Sukses


Akhirnya! Ronaldo Madura Cetak Gol Profesional Pertama di BRI Liga 1, Penyerang Masa Depan Timnas Indonesia

Bola.com, Sleman - Keran gol Ronaldo Kwateh akhirnya mulai mengalir. Penyerang Madura United itu berhasil mencetak gol profesional pertamanya di level klub.

Ronaldo Kwateh membuat gol ketika Madura United takluk 1-3 dari Bali United dalam pekan ke-14 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (12/12/2022) malam WIB.

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes memainkan Ronaldo Kwateh sebagai starter. Bomber bernomor punggung 17 itu menggantikan posisi Alberto Goncalves yang dicadangkan.

Ronaldo Kwateh membobol gawang Bali United pada menit ke-14. Memanfaatkan umpan Pedro Henrique, pemain berdarah Liberia ini mampu menyontek bola dengan manis.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sering Dipanggil ke Timnas Indonesia Level Usia

Ronaldo Kwateh membutuhkan 13 pertandingan bersama Madura United untuk mencatatkan gol perdananya. Striker berusia 18 tahun ini baru mengawali kiprahnya di kompetisi profesional pada musim lalu.

Sejak debutnya, Ronaldo Kwateh belum banyak berkontribusi buat Madura United. Sebab, putra dari mantan pemain asing Liga Indonesia, Roberto Kwateh itu menjadi langganan Timnas Indonesia level usia.

Masih berusia 18 tahun, Ronaldo Kwateh telah merasakan panggilan tiga kelompok Timnas Indonesia sekaligus yaitu senior, U-23, dan U-20.

3 dari 5 halaman

Debut dengan Timnas Indonesia

Ketika umurnya masih menginjak 17 tahun, Ronaldo Kwateh dipercaya membela Timnas Indonesia dalam uji coba dua kali melawan Timor Leste pada Januari 2022.

Dia berhasil membukukan sebiji assist dari total 127 menit bermainnya ketika dua kali menghadapi Timor Leste.

Ronaldo Kwateh juga tercatat sebagai pemain termuda sepanjang sejarah Timnas Indonesia. Dia debut dalam usia 17 tahun, 3 bulan, dan delapan hari.

4 dari 5 halaman

Lewati Rekor Asnawi Mangkualam

Ronaldo Kwateh memecahkan rekor milik Asnawi Mangkualam dengan 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari. Ketika itu, bek Ansan Greeners tersebut menjalani partai pertamanya bersama Timnas Indonesia saat bersua Myanmar pada 21 Maret 2017.

"Puji Tuhan, pertama saya sangat bersyukur kepada Tuhan, dan terima kasih juga kepada coach Shin Tae-yong yang mempercayakan saya bisa bermain di Timnas Indonesia senior," ujar Ronaldo Kwateh kala itu.

Ronaldo Kwateh juga menjadi bagian dari timnas U-23 di SEA Games 2021 dan timnas U-19 di Piala AFF U-19 2022 serta Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dia total merangkum tiga gol dari tiga turnamen itu.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer