Sukses


Performa Carlos Fortes setelah Pulih dari Cedera: Belum Cetak Gol, tapi Kontribusinya Jos untuk PSIS!

Bola.com, Semarang - Penyerang asing PSIS Semarang, Carlos Fortes, perlahan demi perlahan mulai menemukan performa terbaiknya di BRI Liga 1 2022/2023. Sebelumnya, ia sempat absen lama karena menjalani proses pemulihan cedera.

Kehilangan Carlos Fortes pada awal musim ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi PSIS Semarang. Sebab, mereka harus melewati 11 pertandingan Liga 1 2022/2023 tanpa kehadiran Fortes.

Pasalnya, bomber asal Portugal ini direkrut Mahesa Jenar dengan membawa harapan yang besar. Sebelumnya, ia sukses mencetak 20 gol bersama Arema FC di Liga 1 musim lalu.

Jika melihat performanya belakangan ini, Carlos Fortes memang belum bisa memberikan kontribusi yang impresif. Namun, kehadirannya punya makna besar bagi skuad Mahesa Jenar.

2 dari 6 halaman

Perlahan tapi Pasti

Pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan, memang menyadari bahwa pihaknya tak bisa memasakan Fortes untuk langsung nyetel dengan permainan tim pascapulih dari cedera.

Menit bermainnya pun diberikan secara bertahap. Awalnya, ia tampil pada laga melawan Madura United pada pekan ke-12. Saat itu, ia hanya berada di lapangan selama 12 menit.

Laga berikutnya melawan Borneo FC, PSIS mulai memberikan kesempatan lebih kepada Fortes. Kali ini, dia bermain dari awal babak kedua dan mencatat aksi selama 45 menit.

3 dari 6 halaman

Jadi Starter Lagi

Saat Mahesa Jenar sukses menggebuk Persija Jakarta pada laga berikutnya, Fortes akhirnya untuk kali pertama tampil sebagai starter di Liga 1 2022/2023.

Bermain sejak menit awal, ia sukses menyumbang satu assist untuk gol pertama Mahesa Jenar yang dicetak oleh Riyan Ardiansyah. Untuk kali ini, ia tampil selama 63 menit.

Selanjutnya, Fortes nyaris bermain penuh sepanjang laga ketika PSIS menang 1-0 atas PSS Sleman pada laga terakhir. Pada laga ini, ia ditarik keluar tujuh menit jelang waktu normal berakhir.

4 dari 6 halaman

Menantikan Performa Terbaik

Merujuk pada empat penampilan awalnya bersama PSIS di Liga 1 2022/2023, kontribusi yang diberikan Carlos Fortes memang belum bisa banyak dipuji.

Apalagi jika dibandingkan dengan performa impresifnya pada masa-masa pramusim. Saat tampil di Piala Presiden 2022, misalnya, ia tampil gacor dengan mencetak lima gol dan dua assist dari enam laga.

Tentu, harapan besar masih terus dinantikan dari penyerang berusia 28 tahun ini. Sebagai salah satu pencetak gol andal, Fortes bakal menentukan kesuksesan PSIS musim ini.

 

5 dari 6 halaman

Dampak Besar untuk Mahesa Jenar

Terlepas dari minimnya kontribusi Fortes di atas lapangan, kehadiran mantan striker Timnas Portugal U-20 ini sebetulnya sudah memberikan dampak positif bagi PSIS.

Sebab, menurut bek PSIS Semarang, Alie Sesay, Fortes adalah pemain yang luar biasa. Kehadirannya di tim bisa mendongkrak kepercayaan diri skuad Mahesa Jenar.

“Carlos telah kembali bermain dan ini membuat tim kami semakin percaya diri. Kami terlihat lebih baik dan lebih kuat ketika Carlos kembali bermain bersama kami,” ujar Alie.

“Kami juga jadi lebih percaya diri karena dia. Saya merasa senang dengan hal itu (Carlos kembali bermain),” lanjut mantan pemain Persebaya Surabaya ini.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer