Sukses


Timnas Indonesia Jelang Piala AFF: Shin Tae-yong Pentung Arhan dan Ramadhan dengan Botol Raksasa, Saddil Ramdani Ngakak

Bola.com, Gianyar - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mementung Pratama Arhan dan Ramadhan Sananta dengan botol minuman raksasa dalam pemusatan latihan di Bali untuk Piala AFF 2022.

PSSI mengunggah video latihan Timnas Indonesia menjelang Piala AFF 2022 di YouTube PSSI TV pada Sabtu (17/12/2022). Kelakuan Shin Tae-yong itu membuat Saddil Ramdani tertawa terbahak-bahak.

Tingkah laku Shin Tae-yong itu hanya kelakar semata. Arsitek asal Korea Selatan tersebut mencoba mencairkan suasana selepas latihan Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong memegang botol minuman besar bermerek Pocari Sweat dan memukul kepala Pratama Arhan. Selain itu, pelatih berusia 53 tahun ini juga menggetok kepala Ramadhan Sananta.

2 dari 7 halaman

Alasan Shin Tae-yong Jahil

Shin Tae-yong memang terkenal jahil. Juru taktik Korea Selatan di Piala Dunia 2018 kerap menggetok kepala, menubruk, hingga menendang kaki para pemain Timnas Indonesia.

Pada September 2022 ketika memimpin latihan timnas U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Surabaya, Shin Tae-yong mengungkapkan penyebab keusilannya terhadap Pratama Arhan dkk.

"Karena saya tidak bisa berbahasa Indonesia, jadi cara saya seperti itu," ujar Shin Tae-yong.

3 dari 7 halaman

Usil ke Ronaldo Kwateh

Shin Tae-yong sempat menjahili penyerang timnas U-20, Ronaldo Kwateh dalam pemusatan latihan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

PSSI mengunggah video Shin Tae-yong tengah menggetok Ronaldo dari belakang dengan benda seperti clipboard atau papan jalan.

Ketika itu, Ronaldo Kwateh sedang berlatih operan dengan pemain Timnas Indonesia U-20 yang lain.

4 dari 7 halaman

Reaksi Ronaldo Kwateh

Sontak, penyerang Madura United itu kaget dan memegangi kepalanya lalu berbalik badan melihat Shin Tae-yong.

Keusilan Shin Tae-yong tidak berhenti sampai di situ. Arsitek asal Korea Selatan tersebut juga menubrukkan badannya ke Ronaldo Kwateh. Ronaldo terlihat tidak menyangka dan kembali terkejut dengan keisengan Shin Tae-yong.

"Ketika coach Shin Tae-yong jahil ke Ronaldo," bunyi suara dalam video di akun Instagram PSSI, @pssi pada 27 Agustus 2022.

5 dari 7 halaman

Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Sementara itu, Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Tim berjulukan Skuad Garuda itu tergabung di Grup A.

Timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Shin Tae-yong dijadwalkan bakal menentukan 23 pemain Skuad Garuda untuk Piala AFF 2022 dalam waktu dekat.

6 dari 7 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

Kick-off 16.30 WIB

26 Desember 2022

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

Kick-off 17.00 WIB

29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

Kick-off 16.30 WIB

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

Kick-off 19.30 WIB

7 dari 7 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia Persiapan Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer