Sukses


Absen di Piala AFF 2022, Elkan Baggott Tak Bermaksud Mengecewakan Timnas Indonesia

Bola.com, Gillingham - Keputusan berat diambil oleh Elkan Baggott. Bek berusia 20 tahun itu memilih untuk tidak membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 demi bertahan di Gillingham FC.

Elkan Baggott sangat dibutuhkan Gillingham FC untuk bertanding di League Two alias kasta keempat Liga Inggris, Carabao Cup, dan Piala FA 2022/2023.

Sementara, Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 tidak masuk kalender FIFA. Sehingga, Gillingham FC tidak wajib melepas Elkan Baggott ke Timnas Indonesia.

"Dia tidak ingin merasa sudah mengecewakan siapa pun. Tentu saja bukan itu," ujar pelatih Gillingham FC, Neil Harris dinukil dari media Inggris, Kent Online.

2 dari 8 halaman

Jadwal Bersamaan

Selain itu, jadwal Piala AFF 2022 juga bentrok dengan agenda Gillingham FC, yang bakal bertanding sedikitnya enam kali pada rentang waktu turnamen dua tahunan tersebut.

"Saya tahu dia sangat bangga bermain untuk Timnas Indonesia. Dia hanya merasa lebih baik bertahan di sini dalam periode ini," jelas Neil Harris.

Elkan Baggott disebut tidak mudah dalam memantapkan hatinya terhadap dua opsi, apalagi pemain kelahiran Bangkok, Thailand itu telah berkomitmen untuk Gillingham FC.

3 dari 8 halaman

Keputusan Sulit

Elkan Baggott adalah pemain yang dipinjam Gillingham FC dari Ipswich Town, klub kasta ketiga Liga Inggris, sejak musim panas 2022 hingga akhir musim ini.

"Itulah karakternya. Saya pikir keputusan seperti ini untuk seorang pemuda yang baru berusia 20 tahun, dipanggil ke Piala AFF atau bertahan dan berjuang untuk tim yang Anda pinjam adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat. Semua yang Anda bisa adalah mendukung dengan cara baik," terang Neil Harris.

Elkan Baggott menjelma sebagai pemain penting Gillingham FC di musim ini. Dia berhasil mencatatkan 26 penampilan dengan perolehan tiga gol dari empat kejuaraan.

4 dari 8 halaman

Lawan Wolverhampton Wanderers dan Leicester City

Dalam periode Piala AFF 2022, Gillingham FC akan bermain enam kali, termasuk dua partai krusial melawan Wolverhampton Wanderers pada babak keempat Carabao Cup dan Leicester City pada babak ketiga Piala FA.

Kesebelasan dengan sebutan lain The Gills itu bakal lebih dulu bentrok dengan Wolves pada 21 Desember 2022, baru berduel kontra Leicester City pada 7 Januari 2023.

Selain itu, Elkan Baggott sangat dibutuhkan Gillingham FC untuk berjuang lolos dari zona degradasi League Two atau kasta keempat Liga Inggris. Saat ini, The Gills masih terdampar di dasar klasemen.

5 dari 8 halaman

Ungkapan Pelatih Gillingham FC

"Jika Elkan Baggott mau pergi, saya dan orang-orang di Ipswich Town akan mendukungnya dan memahami kondisi itu. Tetapi, ia telah membuat keputusan," jelas Neil Harris.

"Bahwasanya, merupakan hak istimewa dan mutlak untuk dipanggil oleh negara Anda. Namun, yang terbaik baginya adalah bertahan dan bermain sebanyak mungkin di level ini," imbuhnya.

6 dari 8 halaman

Masih Nunggu Pemberitahuan Resmi

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan secara resmi terkait Elkan Baggott yang lebih memilih untuk membela Gillingham FC di Inggris ketimbang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

"Sampai detik ini, belum ada jawaban secara pasti yang diberikan Gillingham FC terkait kapan Baggott bisa dilepas," terang Indra Sjafri.

"Saya berkomunikasi dengan Baggott sampai detik ini. Dia masih belum bisa memastikan kapan klubnya melepas dia ke Timnas Indonesia," imbuh Indra Sjafri.

7 dari 8 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

Semifinal Piala AFF 2022

Leg Pertama

6 Januari 2023

Juara Grup A Vs Runner-up Grup B

7 Januari 2023

Runner-up Grup B Vs Juara Grup A

Leg Kedua

9 Januari 2023

Juara Grup B Vs Runner-up Grup A

10 Januari 2023

Juara Grup A Vs Runner-up Grup B

Final

Leg Pertama 13 Januari 2023

Leg Kedua 16 Januari 2023

8 dari 8 halaman

Jadwal Gillingham FC yang Berbarengan dengan Piala AFF 2022

20 Desember 2022

Wolverhampton Wanderers Vs Gillingham FC

26 Desember 2022

Gillingham FC Vs Colchester United

29 Desember 2022

Sutton United Vs Gillingham FC

2 Januari 2023

Stevenage Vs Gillingham FC

7 Januari 2023

Gillingham FC Vs Leicester City

14 Januari 2023

Gillingham FC Vs Hartlepool

Video Populer

Foto Populer