Sukses


Naturalisasi Rafael Struick Satu Paket dengan Justin Hubner dan Ivar Jenner untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengisyaratkan bahwa proses naturalisasi Rafael Struick untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia 2022 akan satu paket dengan Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Rafael Struick adalah nama terbaru yang bakal dinaturalisasi PSSI buat Timnas Indonesia U-20 menyusul Justin Hubner dan Ivar Jenner.

Ketiganya adalah pemain keturunan Indonesia asal Belanda. Justin Hubner dan Ivar Jenner telah lebih dulu menjalani tahapan awal naturalisasi yaitu pengecekan administrasi dan pemeriksaan kesehatan pada Oktober 2022.

Naturalisasi ketiganya merupakan rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong yang menginginkan peningkatan kualitas tim untuk Piala Dunia U-20 2023.

2 dari 5 halaman

Kunjungi Kantor PSSI

Rafael Struick telah tiba di Jakarta pada beberapa hari lalu. Bersama ibunya, penyerang berusia 19 tahun itu mengunjungi Kantor PSSI, Jakarta Pusat pada Senin (19/12/2022).

"Hari ini, saya menerima kedatangan Rafael Struick dan ibunya di Kantor PSSI membicarakan persoalan administrasi terkait proses naturalisasi," ujar Iriawan di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84, Senin (19/12/2022).

"Dokumen administrasi ini nantinya akan diserahkan ke Kementerian Hukum dan Ham supaya dapat ditindaklanjuti segera," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Saat ini, Rafael Struick membela ADO Den Haag di Keuken Kampioen Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Namun, ia bermain dua kali dengan catatan 11 menit bertanding.

3 dari 5 halaman

Lolos Seleksi

Rafael Struick telah mengikuti seleksi bersama Timnas Indonesia U-20 dalam pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Spanyol pada November 2022. Dia mencetak satu gol ketika tim berjulukan Garuda Nusantara itu kalah 1-2 dari Slovakia.

"Struick baru berusia 19 tahun. Namun, kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Terbukti ketika bersama Timnas Indonesia U-20 di Spanyol, dia sudah mencuri hati coach Shin Tae-yong dengan menyumbangkan satu gol," tutur Iriawan.

"Saya berpesan kepada Struick untuk tidak sungkan meminta bantuan apa pun yang dibutuhkan kepada PSSI. Sebab, timnas sudah dibangun layaknya keluarga. Semua pemain adalah anak-anak saya."

"Sebagaimana kepada semua anak, saya sebagai bapaknya berkewajiban untuk menjaga, melindungi, serta memenuhi segaal kebutuhan mereka," ucap Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Proses Naturalisasi Panjang

Darah Indonesia yang mengalir dalam Rafael Struick berasal dari neneknya yang disebutkan lahir di Semarang, Jawa Tengah. Pemain yang juga bisa berperan sebagai winger kiri itu sangat antusias bisa berpeluang membela Timnas Indonesia U-20.

"Struick mengatakan kepada saya bahwa ia sangat bangga diberikan kepercayaan bergabung dalam keluarga besar Indonesia," imbuh Iriawan.

"Bahkan, ia merasa Indonesia sudah menjadi rumahnya dengan segala keramah-tamahan yang kami berikan kepadanya," terang Iwan Bule.

Rafael Struick dengan Justin Hubner dan Ivar Jenner akan melalui proses naturalisasi yang cukup panjang. Mulai pengajuan ke Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham), Sekretariat Negara (Setneg), Badan Intelijen Negara (BIN), Presiden, DPR, hingga pengampilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

"Supaya efisien, proses pengurusan dokumen Struick akan dijadikan satu paket dengan dokumen Hubner dan Jenner. Semoga prosesnya bisa disegerakan mengingat Piala Dunia U-20 tinggal beberapa bulan lagi," papar Iriawan.

5 dari 5 halaman

Unggahan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer