Sukses


Bahas Persiapan Piala Dunia U-20 2023, Menpora dan Erick Thohir Temui Presiden FIFA di Qatar

Bola.com, Jakarta - Indonesia terus mempersiapkan diri menggelar Piala Dunia U-20 2023. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dan ditemani Menteri BUMN, Erick Thohir, bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Qatar untuk membahas turnamen tersebut.

"Pertemuan Pak Menpora Zainudin Amali dan Presiden FIFA Gianni Infantino, membahas persiapan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan, agar berjalan dengan baik," tulis Erick dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Minggu (18/12/2022).

"Gianni Infantino mendukung permintaan Presiden Jokowi untuk memaksimalkan penyelenggaraan kegiatan ini," sambung mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Menurut Erick, Qatar dapat menjadi contoh penyelenggaraan Piala Dunia yang sukses. Satu di antara tolok ukur kesuksesan tersebut adalah kemampuan Qatar dalam menyajikan pesta olahraga yang meriah, sekaligus memperkenalkan keindahan budaya Islami lewat sepak bola.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menyamai Kesuksesan Qatar

Erick menambahkan, di Piala Dunia 2022 juga, pencinta sepak bola dapat menyaksikan untuk pertama kalinya pertandingan sepak bola pria dipimpin wasit perempuan.

Hebatnya lagi, hanya pada Piala Dunia 2022 Qatar inilah antusiasme penonton baik secara langsung maupun streaming luar biasa tinggi. Hingga partai final, Piala Dunia tahun ini disaksikan lebih dari 2 miliar penonton. Tertinggi dalam sejarah Piala Dunia.

"Semoga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan, Indonesia bisa menyamai, atau bahkan bisa melebihi kesuksesan Qatar. Amim," ujar Erick.

 

3 dari 4 halaman

Diikuti 24 Tim

Saat ini, FIFA telah mengeluarkan dokumen Regulasi untuk Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Satu di antara hal yang diatur dalam regulasi tersebut adalah tim yang akan berkompetisi.

Sebagai tuan rumah, Indonesia diberi hak untuk mengikutsertakan satu tim dalam kompetisi ini. Direncanakan, ada 24 tim yang mengikuti kompetisi ini.

Mereka akan berasal dari perwakilan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf); Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) yang masing-masing mengirimkan empat tim.

Lalu Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mendapatkan kuota tim terbanyak yaitu 5. Selebihnya, terdapat dua tim sebagai jatah untuk Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC).

 

4 dari 4 halaman

Butuh 1.500 Relawan

Sementara itu, PSSI telah membuka program untuk menjadi relawan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni tahun depan.

Pembukaan volunteer untuk Piala Dunia U-20 2023 berbarengan dengan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada Senin (5/12/2022).

PSSI mencari sekitar 1.500 relawan untuk bekerja di area fungsional Piala Dunia U-20 2023 seperti stadion, tempat latihan, bandara, hingga hotel.

"Ini untuk membantu mewujudkan turnamen FIFA pertama yang digelar di Indonesia," tulis PSSI dalam situsnya.

Video Populer

Foto Populer