Sukses


Main 51 Menit, Pratama Arhan Sejajar dengan Teerasil Dangda: Pencetak Peluang Terbanyak di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, sukses mencatatkan namanya sebagai satu di antara pencetak peluang terbanyak di Piala AFF 2022.

Catatan impresif itu dibukukan Pratama Arhan saat membantu perjuangan Timnas Indonesia menumbangkan perlawanan Kamboja pada laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Pada duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jumat (23/12/2022), Pratama Arhan tercatat tampil sejak menit awal alias sebagai starter.

Namun, sayangnya pemain asal Blora, Jawa Tengah, ini tak bisa tampil penuh. Sebab, pada menit ke-51, ia harus ditarik keluar karena sempat mengalami cedera.

Meskipun tak bisa membantu Timnas Indonesia selama 2x45 menit, tetapi kontribusi Arhan sangat impresif. Ia menjadi pemain yang menciptakan peluang terbanyak pada laga ini.

2 dari 5 halaman

Sukses Catatkan Tiga Peluang

Meskipun penampilannya hanya berlangsung selama 51 menit, Pratama Arhan sukses menjadi pemain yang menciptakan peluang terbanyak dibandingkan pemain lain.

Dari wilayah operasionalnya di sisi kiri, pemain yang kini merumput di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy itu sukses menciptakan tiga peluang alias chances created.

Salah satu dari peluang itu juga berhasil dimaksimalkan oleh Egy Maulana Vikri untuk mencetak gol perdana skuad Garuda ketika laga baru bergulir tujuh menit.

Dalam beberapa momen, Arhan memang sukses mengirimkan umpan-umpan berbahaya. Selain melalui umpan silang, lemparan ke dalamnya yang mampu menjangkau jarak jauh juga jadi ancaman tersendiri.

3 dari 5 halaman

Masuk Jajaran Atas Pencipta Peluang Terbanyak

Dengan total tiga chances created tersebut, Pratama Arhan kini merangsek naik ke jajaran atas pencipta peluang terbanyak di Piala AFF 2022.

Meskipun demikian, dia masih kalah dari kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, yang bertengger di puncak karena sukses mencetak sembilan peluang pada laga kontra Brunei Darussalam.

Selanjutnya, di urutan kedua ada Sarach Yooyen (Thailand) dan Mark Hartman (Filipina) dengan empat kali penciptaan peluang. Khusus untuk Hartman, ia sudah bermain dua kali di Grup A Piala AFF 2022.

Adapun pemain-pemain lainnya yang juga menciptakan tiga peluang seperti Arhan ialah Bordin Phala (Thailand), Teerasil Dangda (Thailand), hingga Do Hung Dung (Vietnam).

Selain itu, masih ada pula Kyaw Min Oo (Myanmar), Ho Tan Tai (Vietnam), dan Nguyen Van Quyet (Vietnam) yang sama-sama membuat tiga peluang.

4 dari 5 halaman

Tiga Poin Pertama

Dengan kemenangan ini, skuad asuhan Shin Tae-yong sukses mengumpulkan tiga poin dan menduduki peringkat ketiga klasemen sementara.

Skuad Garuda sebetulnya sama-sama mengumpulkan tiga poin dengan dua tim teratas, tapi masih kalah selisih gol, yaitu Thailand (+5) dan Filipina (+4).

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara

 Klasemen Grup A

Pos Tim M K S Poin
1 Thailand 1 0 0 3
2 Filipina
3 Indonesia
4 Kamboja 1 1
5 Brunei 0 2 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup A

Kamboja Vs Filipina (3 - 2)

Brunei Vs Thailand (0 - 5)

Filipina Vs Brunei (5 - 1)

Indonesia Vs Kamboja (2 - 1)

Brunei Vs Indonesia

Thailand Vs Filipina

Kamboja Vs Brunei

Indonesia Vs Thailand

Thailand Vs Kamboja

Filipina Vs Indonesia

 

Klasemen Grup B

Pos Tim M K S Poin
1 Vietnam
2 Malaysia
3 Singapura
4 Myanmar
5 Laos 0 1 0 0

Jadwal dan Hasil Pertandingan Grup B

Myanmar Vs Malaysia (0 - 1)

Laos Vs Vietnam (0 - 6)

Singapura Vs Myanmar

Malaysia Vs Laos

Laos Vs Singapora

Vietnam Vs Malaysia

Myanmar Vs Laos

Singapora Vs Vietnam

Vietnam Vs Myanmar

Malaysia Vs Singapora

 

Video Populer

Foto Populer