Sukses


Pengakuan Pratama Arhan soal Lesatan Kamboja di Piala AFF 2022: Mereka Sekarang Bagus!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia hanya meraih kemenangan 2-1 saat menghadapi Timnas Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (13/12/2022) petang WIB. Tim Merah-putih menjamu Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kemenangan dengan skor tipis itu sangat disayangkan. Sebab, kemenangan besar atas Kamboja bisa saja membantu kelolosan Timnas Indonesia ke babak semifinal Piala AFF 2022.

Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan merasa pertandingan pertama di setiap turnamen selalu berjalan dengan sulit. Tapi yang paling penting Tim Merah-Putih berhasil mendapatkan tiga poin.

"Pertandingan pertama memang agak sedikit sulit ya. Tapi kami sudah bekerja keras dan meraih hasil yang terbaik, sudah dapat tiga poin," ujar Arhan selepas laga.

2 dari 3 halaman

Perkembangan Kamboja

Timnas Kamboja tampil cukup apik di Piala AFF 2022. Pada laga perdana, Kamboja berhasil mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 3-2.

Kemudian pada laga kedua, Kamboja hanya kalah 1-2 dari Timnas Indonesia. Padahal, lima sampai 10 tahun lalu, Kamboja kerap menjadi lumbung gol tim lain di Asia Tenggara.

Pratama Arhan pun mengakui perkembangan positif sepak bola Kamboja. Bergabungnya gerbong Jepang ke Kamboja disebut berpengaruh terhadap perkembangan sepak bola di negara tersebut.

"Menurut saya Kamboja perkembangannya sangat  baik sekarang. Ada Keisuke Honda juga, mungkin pengaruh kan jadi sepak bola Kamboja turut meningkat. Sekarang Kamboja mainnya jadi bagus," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Jaga Kondisi

Piala AFF 2022 memiliki jadwal yang padat. Pada Senin (26/12/2022), Timnas Indonesia harus bermain melawan Timnas Brunei Darussalam di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pratama Arhan menyatakan saat ini skuad Garuda harus fokus pada pemulihan fisik. Hal itu akan sangat membantu performa tim asuhan Shin Tae-yong. "Ya kami pemain harus benar-benar jaga kondisi," tandasnya.

Pratama Arhan hanya bermain 50 menit dalam laga melawan Kamboja. Ia sempat mengeluh pada kakinya sebelum ditarik keluar. Arhan memberikan satu assist untuk gol Egy Maulana Vikri pada laga itu.

Video Populer

Foto Populer