Sukses


Doan Van Hau Pemain Problematik Vietnam: Dulu Public Enemy Timnas Indonesia U-23, Kini Bikin Masalah dengan Malaysia di Piala AFF 2022

Bola.com, Hanoi - Masih ingat dengan bek Vietnam, Doan Van Hau? Ya, pemain berusia 23 tahun itu pernah menjadi public enemy Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019. Sekarang, Van Hau menjadi musuh bersama Malaysia di Piala AFF 2022.

Jika pembaca melakukan pencarian dengan kata kunci Doan Van Hau di Twitter, maka yang keluar mayoritas adalah hujatan dan caci maki dari netizen Malaysia.

Gara-gara Doan Van Hau, Malaysia dihajar tuan rumah Vietnam 0-3 dalam matchday ketiga Grup B Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (27/12/2022).

Pada menit ke-16, Doan Van Hau mencoba membiarkan bola ditangkap oleh kiper Vietnam, Dang Van Lam. Pemain Malaysia, Azam Azmi, tetap mencoba mengejar bola tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Gagal Lakukan Body Charge

Doan Van Hau lalu berupaya menghalau Azam Azmi dengan body charge. Yang terjadi, lengan dan sikutnya malah menghajar dada pemain berusia 21 tahun itu. Azmi lantas meringis kesakitan setelah dihajar Van Hau.

Anehnya, wasit Ryuji Sato bergeming terhadap kejadian itu. Pengadil pertandingan asal Jepang itu tidak memberikan tendangan penalti kepada Malaysia. Padahal terlihat jelas bahwa Doan Van Hau gagal melakukan body charge kepada Azam Azmi.

Vietnam kemudian berhasil membobol gawang Malaysia pada menit ke-28 lewat Nguyen Tien Linh memanfaatkan sepak pojok Do Hung Dung.

 
3 dari 8 halaman

Insiden Kontroversial

Pada menit ke-59, Doan Van Hau kembali berduel dengan Azam Azmi. Kali ini, ia mendorong pemain Terenggangu itu hingga menabrak papan iklan. Namun, Ryuji Sato tiba-tiba menunjuk tendangan penalti untuk Vietnam.

Azam Azmi diduga melakukan gerakan tambahan kepada Doan Van Hau setelah keduanya menyerosot bersama. Seusai berdiskusi dengan asisten wasit, Ryuji Sato mengganjar Azmi dengan kartu merah pada menit ke-62.

Vietnam sukses mengonversi hadiah sepakan 12 pas dari wasit itu untuk menjadi gol via Que Ngoc Hai.

4 dari 8 halaman

Doan Van Hau Bikin Evan Dimas Cedera

Ketinggalan dua gol, mental Malaysia makin ambruk. Kesebelasan dengan sebutan lain Harimau Malaya itu kebobolan untuk yang ketiga kalinya oleh Nguyen Hoang Duc yang menerima umpan manis dari Nguyen Quang Hai.

Membaca kelakuan Doan Van Hau yang berseliweran di media sosial, netizen Indonesia jadi teringat dengan dosa lama pemain yang pernah membela SC Heerenveen di Liga Belanda itu.

Doan Van Hau mencederai Evan Dimas ketika Vietnam berhadapan dengan Timnas Indonesia U-23 pada babak final SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Dia menendang kaki kiri mantan pemain Bhayangkara FC tersebut.

5 dari 8 halaman

Cetak Brace ke Gawang Timnas Indonesia U-23

Evan Dimas harus diganti pada menit ke-21. Keluarnya pemain berusia 27 tahun ini membuat permainan Timnas Indonesia U-23 berantakan. Tim berjulukan Garuda Muda itu lalu dihajar Vietnam 0-3 dan harus puas meraih medali perak.

Sialnya, dua dari tiga gol Vietnam ke gawang Timnas Indonesia U-23 dicetak Doan Van Hau. Dia membobol gawang Garuda Muda yang dijaga Nadeo Argawinata pada menit ke-39 dan ke-73.

6 dari 8 halaman

Doan Van Hau Dorong Pemain Malaysia

7 dari 8 halaman

Doan Van Hau Hajar Azam Azmi

8 dari 8 halaman

Momen Doan Van Hau Mencederai Evan Dimas

Video Populer

Foto Populer