Sukses


Teerasil Dangda Ngamuk! Bawa Thailand Juara Grup, Jadi Top Skor Sementara Piala AFF 2022

Bola.com, Pathum Thani - Thailand berhasil mengunci juara Grup A Piala AFF 2022. Kemenangan tim berjulukan Gajah Perang itu atas Kamboja menjadi penyebabnya.

Teerasl Dangda menjadi bintang kemenangan Thailand dengan mencetak dua gol. Total, pemain veteran ini telah mencetak lima gol dan menjadi top skor sementara.

Thailand mengalahkan Kamboja 3-1 dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, Pathum Thani pada Senin (2/1/2023) malam WIB.

Thailand membuka keunggulan melalui tendangan penalti Teerasil Dangda pada menit ke-45+2. Gol itu menjadi yang keempat buat penyerang berusia 34 tahun ini di Piala AFF 2022.

Thailand mencetak gol kedua pada menit ke-50. Sumanya Purisai berhasil menjebol gawang Kamboja setelah memanfaatkan assist dari Sarach Yooyen.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kamboja Perkecil Ketertinggalan

Pada menit ke-68, Kamboja memperkecil keadaan. Menerima umpan dari Sa Ty, Sieng Chanthea sukses membobol gawang Thailand.

Pada menit ke-90, Teerasil Dangda mencatatkan brace untuk membawa Thailand menjauh 3-1 melawan Kamboja sekaligus membuat gol kelimanya di Piala AFF 2022.

Keunggulan 3-1 Thailand atas Kamboja bertahan hingga akhir pertandingan. Gajah Perang menutup Grup A Piala AFF 2022 dengan sepuluh poin dari empat partai.

3 dari 4 halaman

Sama dengan Timnas Indonesia

Nilai Thailand sebenarnya sama dengan Timnas Indonesia di peringkat kedua klasemen akhir Grup A Piala AFF 2022, namun Gajah Perang unggul selisih gol.

Thailand lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 sebagai kampiun Grup A untuk menantang runner-up Grup B yang akan memainkan matchday terakhirnya pada Selasa (3/1/2023).

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

  • Thailand (4-4-2): Kittipong Phoothawchuek; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakon; Ekkanit Panya, Teerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala; Adisak Kraisorn, Teerasil Danga
  • Pelatih: Alexander Polking (Brasil)
  • Kamboja (3-4-2-1): Keo Suksela; Tes Sambath, Choun Chanchav, Soeuy Visal; Ye Muslim, Orn Chanpolin, Sos Suhana, Seut Baraing; Sieng Chanthea, Lim Pisoth; Reung Bunheing
  • Pelatih: Ryu Hirose (Jepang)

Video Populer

Foto Populer