Sukses


Piala AFF 2022: Senyum Kaku Park Hang-seo dan Momen Frustrasi Doan Van Hau saat Hadapi Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pertemuan Timnas Indonesia melawan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 berjalan sengit. Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023), skor 0-0 tak berubah hingga bubaran.

Timnas Indonesia sebenarnya bermain lebih baik, terutama dalam hal pertahanan. Serangan juga tajam, meski finishing masih jadi pekerjaan rumah buat armada Shin Tae-yong.

Pada laga ini, ada beberapa momen terjadi. Tetapi yang paling jadi sorotan publik tanah air adalah dua sosok di kubu Vietnam. Pertama, bek kiri Doan Van Hau.

Pemain 23 tahun itu sudah jadi musuh publik Indonesia sejak 2019 lalu. Waktu itu Van Hau mencederai Evan Dimas pada final SEA Games.

Ada dua momen yang memperlihatkan mantan pemain Heerenveen, Belanda ini frustasi melawan permainan Timnas Indonesia. Pada babak pertama, Vietnam hampir tak bisa menembus pertahanan Jordi Amat dkk., di mana Doan Van Hau tak berkutik.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tembakan Frustasi

Menit 40', pemain kidal ini melepaskan shooting dari jarak yang sangat jauh. Bola memang mengarah ke gawang, tapi tidak terlalu kencang dan ditangkap dengan mudah oleh Nadeo Argawinata.

Ini jadi satu-satunya shoot on target yang dimiliki Vietnam di babak pertama. Padahal tembakan jarak jauh seperti itu tak pernah diperlihatkan Vietnam di babak penyisihan Grup B. Karena di fase grup, mereka selalu menguasai permainan.

Selain momen tembakan frustasi, Van Hau tampak keteteran menghadapi kecepatan pemain Indonesia. Ditambah lagi awal babak pertama, area kiri Vietnam terlihat dapat sinar matahari yang cukup terik karena kick-off laga ini pada sore hari. Sehingga Van Hau tentu kurang nyaman ketika Indonesia menerapkan tempo tinggi sejak menit awal.

 

3 dari 5 halaman

Pelanggaran Keras Doan Van Hau

Momen berikutnya terjadi menit 54'. Sebuah pelanggaran keras dilakukan Van Hau kepada striker Indonesia, Dendy Sulistyawan. Dia ingin menghentikan aksi Dendi dengan dua kaki. Pelanggaran keras memang jadi tipikal Van Hau.

Dendy pun terkapar di lapangan. Tetapi Van Hau yang melakukan pelanggaran juga ikut memegangi kakinya. Sehingga momen ini bisa dibilang sebuah provokasi yang dilakukan Van Hau.

Jadi, pemain yang akrab dengan nomor punggung 5 itu ingin mengubah situasi dengan pelanggaran kerasnya. Tapi, wasit Omar Mubarak tidak memberikan kartu. Dia hanya memberi peringatan atau teguran saja.

 

4 dari 5 halaman

Disambut Senyuman Park Hang-seo

Di momen ini, pelatih Vietnam, Park Hang-seo tertangkap kamera justru senyum di bench pemain. Pelatih asal Korea Selatan ini masih duduk nyaman. Sementara para asistennya sempat berhamburan ke pinggir lapangan.

Tak lama berselang, Park berjalan ke depan bench sambil tertawa. Tidak terlihat ekspresi Park yang meledak-ledak. Kali ini dia lebih kalem dan menebar banyak senyum saat tertangkap kamera.

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Malaysia vs Thailand (Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur)

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Selasa, 10 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)

Video Populer

Foto Populer