Sukses


Hasil BRI Liga 1: Persija Bungkam PSS di Laga Tunda Pekan ke-17

Bola.com, Bantul - Partai tunda pekan ke-17 BRI Liga 1 2022/2023 antara PSS Sleman versus Persija Jakarta rampung digelar. Laga yang berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Minggu (8/1/2023) sore itu, dimenangkan Macan Kemayoran dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Persija Jakarta dicetak oleh Riko Simanjuntak pada menit ke-81 dan Ginanjar Wahyu Ramadhani di menit ke-89.

Ini merupakan lanjutan partai tunda yang terhenti di Stadion Manahan, Solo, 23 Desember 2022. Kala itu, pertandingan tidak bisa dilanjutkan akibat kondisi force majeur.

Penundaan ini lantaran curah hujan tinggi di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Laga yang dimulai pukul 15.00 WIB itu sejatinya telah merampungkan babak pertama dengan skor sama kuat 0-0.

Selepas jeda turun minum, pertandingan sempat berlangsung selama tiga menit dan akhirnya dihentikan oleh wasit. Karena itu, pertandingan ini nantinya akan dilanjutkan sesuai ketika laga terhenti di menit ke-47.

Tambahan tiga poin membikin Persija Jakarta merangsek naik ke peringkat 4 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan torehan 32 poin. Sementara kekalahan ini membuat PSS Sleman tetap berada di posisi ke-15 dengan 16 poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Komposisi Pemain Tak Banyak Berubah

Pada laga ini Persija Jakarta menurunkan nyaris semua pemain asing terbaiknya. Line up ini hampir seperti yang diturunkan pada laga babak pertama di Stadion Manahan, Solo.

Macan Kemayoran menurunkan trio asing Hanno Behrens, Yusuf Helal, dan Ondrej Kudela pada pertandingan lanjutan kali ini. Termasuk Ryuji Utomo yang resmi dilepas juga kembali bermain.

Komposisi pemain yang diturunkan PSS Sleman juga hampir sama ketika bermain di Solo. Bedanya, di laga ini Super Elang Jawa cuma memainkan satu pemain asing. Dia adalah Jihad Ayoub.

Dua pemain asing PSS, yakni Mychell Chagas dan Ze Valente resmi hengkang belum lama ini. Sedangkan bek Tallysson Duarte diragukan tampil.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro memilih untuk menurunkan beberapa pemain muda. Antara lain Saddam Emiruddin Gaffar, Ifan Nanda, hingga Muhammad Fariz.

3 dari 6 halaman

Jalannya Pertandingan

Duel kedua tim dimulai di menit ke-48. Sejak menit awal Persija Jakarta langsung mengambil inisiatif menyerang dan mendapat beberapa kali peluang. Salah satunya pada menit ke-60, tetapi tendangan Hanno Behrens masih bisa dihentikan kiper PSS Sleman, Muhammad Ridwan.

Memasuki menit ke-70, PSS Sleman melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre dan Riki Dwi Saputro. Hadirnya kedua pemain ini sebetulnya cukup memberi dampak positif.

Setidaknya dua kali peluang gagal dikonversikan menjadi gol, termasuk lewat aksi Riki Dwi. Lolos jebakan offside, Riki tinggal berhadapan dengan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa. Sayang, sepakan Riki masih bisa dihalau kiper lawan.

4 dari 6 halaman

Di Atas Angin

10 menit jelang laga bubar, Persija akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat Riko Simanjuntak. Memanfaatkan umpan lambung dari Nico Alfriyanto, Riko menanduk bola dengan melakukan diving header di sisi kanan kotak penalti.

Tertinggal, Elang Jawa pun mencoba menekan. Namun mereka justru kembali kebobolan melalui Ginanjar Wahyu yang memanfaatkan bola muntah hasil pergerakan Riko Simanjuntak.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. Skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Persija Jakarta.

5 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

PSS Sleman (4-3-3): Muhammad Ridwan (g); Bagus Nirwanto (c), Nurdiansyah, Dedi Gusmawan, Derry Rachman; Kim Kurniawan, Jihad Ayoub, Ifan Nanda; Rifky Suryawan, Saddam Emiruddin Gaffar, Muhammad Fariz

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (g); Ryuji Utomo, Ondrej Kudela, Rezaldi Hehanusa; Ilham Rio Fahmi, Hanif Sjahbandi, Muhammad Ferrari, Resky Fandi; Riko Simanjuntak, Abdulla Yusuf Helal, Hanno Behrens

Pelatih: Thomas Doll

6 dari 6 halaman

Tengok Posisi Persija dan PSS di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer