Sukses


3 Statistik yang Buktikan Timnas Indonesia dan Vietnam Punya Kekuatan Setara di Piala AFF 2022, Bagaimana dengan Duel Malam Nanti?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dan Vietnam sebetulnya membukukan sejumlah statistik yang nyaris setara sebelum melanjutkan bentroknya pada laga leg kedua fase semifinal Piala AFF 2022.

Dalam sejumlah aspek, Timnas Indonesia memang mampu mencatat keunggulan. Adapun pada beberapa aspek statistik yang lain, Timnas Vietnam memang cenderung lebih dominan.

Khusus untuk sektor ofensif, keduanya memang cenderung memiliki statistik yang tak terlalu kontras. Bahkan, ada sejumlah hal yang cukup identik antara kedua tim ini.

Oleh sebab itu, tak ada alasan bagi tim asuhan Shin Tae-yong untuk merasa inferior ketika melawat ke markas The Golden Star pada laga leg kedua yang akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023).

2 dari 5 halaman

Produksi Gol yang Seimbang

Salah satu catatan yang membuat Indonesia dan Vietnam posisinya setara pada fase semifinal Piala AFF 2022 ini ialah nominal produksi gol dari kedua tim.

Pasalnya, dari total lima pertandingan yang sudah sama-sama dilewati oleh kedua tim, mereka tercatat mengoleksi 12 gol. Jumlah ini dicatatkan sejak awal fase grup hingga partai leg pertama Piala AFF 2022

Jumlah ini menjadi catatan paling produktif kedua dibandingkan seluruh kontestan Piala AFF 2022. Keduanya hanya kalah dari Thailand yang sampai saat ini sudah mengumpulkan 13 gol.

3 dari 5 halaman

Jumlah Tembakan

Selanjutnya, Timnas Indonesia dan Vietnam juga punya catatan statistik yang nyaris sama dalam hal jumlah tembakan di turnamen ini.

Dari total lima penampilannya, Indonesia sejauh ini sudah berhasil menciptakan 90 kali tembakan. Sementara itu, Vietnam mampu melepaskan 89 kali.

Dengan kata lain, keduanya hanya selisih satu angka. Namun, jika perbandingannya digeser menjadi tembakan tepat sasaran (shots on target), skuad Garuda memang lebih mumpuni.

Pasalnya, Witan Sulaeman dan kawan-kawan mampu mengemas 33 tembakan mengarah, sedangkan anak asuh Park Hang-seo melakukan 28 tendangan yang menemui sasaran.

4 dari 5 halaman

Catatan Akurasi dan Konversi

Jika merujuk pada perbandingan jumlah tembakan dengan tembakan tepat sasaran, maka Timnas Indonesia memang lebih unggul persentase keakuratan.

Namun, catatannya tak jauh berbeda dari Vietnam. Sebab, skuad Garuda bisa menghasilkan 45,2% shooting accuracy, sedangkan Vietnam menciptakan 42,4 persen.

Keunggulan ini memang akan berubah jika parameternya diturunkan menjadi persentase tingkat konversi peluang yang menghasilkan gol. Akan tetapi, angkanya juga tak terlalu jomplang.

Sebab, Vietnam bisa menciptakan 18,2% tingkat keberhasilan memaksimalkan peluang menjadi gol, sedangkan Indonesia kalah tipis dengan 16,4 persen.

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg II Semifinal Piala AFF 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Senin, 9 Januari 2023
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: Stadion My Dinh, Hanoi

Video Populer

Foto Populer