Sukses


Aji Santoso Beri Motivasi untuk Timnas Indonesia, Pemain Harus Pede Hadapi Vietnam di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memberikan motivasi kepada Timnas Indonesia. Seperti diketahui, skuat Garuda akan melakoni leg kedua semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam.

Duel tersebut bakal berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam. Laga ini jadi penentuan untuk lolos ke partai final mengingat kedua tim bermain imbang 0-0 di leg pertama lalu (6/1/2022). Timnas Indonesia harus menang atau minimal berakhir seri 1-1.

Namun, tantangannya tentu tidak mudah melihat Vietnam akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Kendati demikian, Aji Santoso merasa peluang Timnas Indonesia tetap ada untuk bisa lolos ke final.

“Peluang Timnas Indonesia tetap ada, walaupun main di Vietnam. Dalam sepak bola semuanya bisa terjadi,” kata Aji Santoso kepada Bola.com, Minggu (8/1/2022).

2 dari 5 halaman

Lebih Percaya Diri

Aji Santoso menilai permainan Timnas Indonesia cukup bagus di leg pertama. Fachruddin Aryanto dkk. mampu mengimbangi Vietnam. Hanya saja, dia mengakui bahwa masih banyak hal yang perlu ditingkatkan.

“Yang perlu dikuatkan adalah mental pemain dan mereka harus percaya diri bahwa tim Indonesia bagus. Terbukti, main di Indonesia kemarin, mereka tampil menyerang dan peluang lebih banyak daripada lawan,” imbuh Aji Santoso.

3 dari 5 halaman

Lini Belakang Lebih Kukuh Lagi

Mantan kapten Timnas Indonesia itu juga memandang pertahanan harus lebih dikuatkan. Itu termasuk dalam meningkatkan kemampuan untuk memaksimalkan peluang yang didapatkan.

Fakta menariknya, Vietnam jadi satu-satunya tim yang belum kebobolan sejak fase grup hingga semifinal Piala AFF 2022. Ini tentu jadi tantangan bagi Timnas Indonesia untuk mencetak gol ke gawang Vietnam.

“Pemain depan harus lebih cermat dalam mengambil keputusan ketika mendapatkan peluang, kapan harus dioper kapan harus eksekusi sendiri. Itu yang saya lihat di pertandingan leg pertama lalu,” ucapnya.

4 dari 5 halaman

Kiprah Duo Persebaya

Dari Persebaya sendiri, terdapat dua pemain yang bergabung Timnas Indonesia, yakni Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan. Keduanya masuk dalam starting eleven melawan Vietnam di leg pertama.

Mereka berpotensi kembali diandalkan Timnas Indonesia pada leg kedua semifinal melawan Vietnam.

Sejauh pengamatan Aji Santoso, kedua pemain Persebaya itu sebenarnya cukup memberikan dampak yang bagus untuk Timnas Indonesia. Mereka berkontribusi di posisinya masing-masing.

Pada leg pertama melawan Vietnam, Marselino Ferdinan bahkan tampil menjanjikan dan menciptakan peluang untuk Timnas Indonesia. Hanya sayang, eksekusinya tidak berjalan mulus.

“Mereka (Marselino dan Ridho) harus tampil maksimal. Mereka bermain bagus. Marsel juga ada peluang emas kemarin. Sayang, keseimbangan badannya tidak dalam posisi bagus,” ujarnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg II Semifinal Piala AFF 2022

  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • Senin, 9 Januari 2023
  • Kick-off: 19.30 WIB
  • Venue: Stadion My Dinh, Hanoi

Video Populer

Foto Populer