Sukses


Timnas Indonesia Gagal di Piala AFF 2022, Jordi Amat: Kami Akan Kembali Lebih Kuat

Bola.com, Hanoi - Timnas Indonesia kandas pada semifinal Piala AFF 2022, setelah takluk dari Vietnam. Bek Jordi Amat berjanji Tim Garuda bakal kembali lebih kuat dibandingkan edisi 2022.

Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut berambisi meraih kemenangan saat bersua Vietnam pada laga leg kedua semifinal di My Dinh National Stadium, Senin (9/1/2023) malam WIB.

Hasil bagus akan membuat Timnas Indonesia lolos ke final, setelah pada pertemuan pertama babak empat besar Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (9/1/2023) bermain imbang 0-0.

Sayangnya, Tim Merah Putih dibuat tak berkutik saat bermain di markas Vietnam. Meski mencatatkan 53 persen penguasaan bola, Timnas Indonesia tak sekalipun melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang lawan.

Di sisi lain, Timnas Vietnam memperoleh lima peluang bagus dari 14 kesempatan. Dari lima sepakan on target yang didapat Vietnam, dua di antaranya berbuah menjadi gol.

Sepasang gol tim yang dijuluki The Golden Star Warriors itu disarangkan Nguyen Tien Linh pada menit ke-3 dan 47'. Sampai laga usai, Timnas Indonesia takluk 0-2 dari Vietnam.

 

2 dari 4 halaman

Bakal Lebih Kuat

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia kalah agregat 0-2 dari Vietnam dan kandas pada semifinal. Alhasil, Tim Garuda lagi, lagi, dan lagi gagal di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Sejak berlaga di Piala AFF pada 1996, Timnas Indonesia tak pernah sekalipun menjadi juara dan hanya meraih enam kali posisi runner-up. Namun, bek Jordi Amat tak ingin Timnas Indonesia patah semangat, dan optimistis bakal kembali lebih kuat.

"Maaf kami sudah mencoba yang tebaik, tetapi gagal ke final kali ini. Tetapi saya berjanji, kami akan kembali lebih kuat," ujar Jordi Amat.

"Seperti yang sudah saya katakan, saya percaya pada tim ini dan ada banyak pemain muda di sini. Hasil ini akan memberikan pengalaman berharga bagi semua pemain. Saya berharap kami akan bangkit," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan ucapan selamat untuk Vietnam. Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui Vietnam tampil lebih baik dibandingkan timnya.

"Dalam pertandingan ini, Vietnam bermain bagus. Selamat telah menjaga clean sheet dan memenangkan tiket ke babak selanjutnya," ujar Shin Tae-yong dinukil dari media Vietnam, The Thao 247.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2022:

Fase Grup:

  • 23/12/22 Indonesia 2 - 1 Kamboja
  • 26/12/22 Brunei Darussalam 0 - 7 Indonesia
  • 29/12/22 Indonesia 1 - 1 Thailand
  • 02/01/23 Filipina 1 - 2 Indonesia

Semifinal:

  • 06/01/23 Indonesia 0 - 0 Vietnam
  • 09/01/23 Vietnam 2 - 0 Indonesia

Video Populer

Foto Populer