Sukses


Tak Hanya Timnas Vietnam, Thailand Juga Pernah Cetak Gol Krusial pada Menit Akhir di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Hasil seri menghiasi leg pertama Piala AFF 2022. Timnas Vietnam yang bertindak sebagai tuan rumah dipaksa bermain imbang 2-2 kontra Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1/2023).

Vietnam sebenarnya punya rekor mentereng dengan belum pernah kebobolan di Piala AFF 2022 sebelum final melawan Thailand. Namun kali ini, Timnas Vietnam harus melihat agresivitas Thailand menyulitkan mereka.

Tim yang dijuluki The Golden Star Warriors tersebut tercatat selalu menang saat main di Hanoi, dan gawangnya masih clean sheet dalam enam pertandingan beruntun. Namun, Thailand berhasil mencoreng catatan apik tersebut.

Pada laga tersebut, Timnas Vietnam berhasil unggul lebih dulu melalui aksi Nguyen Tien Linh pada menit ke-24.

Menariknya, Thailand kemudian berbalik unggul setelah mencetak dua gol melalui Poramet Arjvirai (48') dan Sarach Yooyen (63’). Dua gol Tim Gajah Perang itu lahir lewat skema yang mirip dengan memanfaatkan umpan lambung.

 

2 dari 4 halaman

Vietnam Cetak Gol Menit Akhir

Selama sekitar 25 menit kemudian, para pemain Timnas Vietnam berjuang menyamakan kedudukan. Suporter tuan rumah juga ikut was-was. Kekalahan 1-2 bakal menyulitkan mereka, mengingat akan bertandang ke Thailand pada laga leg kedua final Piala AFF 2022.

Beruntung pemain pengganti Vietnam, Vu Van Thanh menyamakan kedudukan pada pengujung laga, tepatnya menit ke-88. Sebuah tendangan keras dari luar kotak penalti menembus gawang Thailand.

Pandangan kiper Tim Gajah Perang, Kampol Pathomakkakul, terhalang banyak pemain di depannya sehingga bola meluncur keras merobek gawangnya.

Gol menit-menit akhir itu tentu saja membuat Thailand gagal mengamankan kemenangan. Namun, setidaknya mereka mengantongi dua gol tandang yang akan menguntungkan pada partai final ini.

 

3 dari 4 halaman

Timnas Thailand Pernah Cetak Gol Krusial

Sebelumnya, Thailand juga mampu mencetak gol menit akhir yang membuyarkan kemenangan lawan. Kali ini, Timnas Indonesia yang jadi korbannya. Itu terjadi dalam lanjutan Grup A Piala AFF 2022 pada 29 Desember tahun lalu.

Saat itu, Timnas Indonesia sebenarnya unggul dulu setelah Marc Klok berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti pada menit ke-50. Sayangnya, Tim Merah-Putih gagal mempertahankan situasi tersebut.

Timnas Thailand sukses menyamakan kedudukan via sepakan Sarach Yooyen dari luar kotak penalti pada menit ke-80. Itu bermula pada saat Asnawi Mangkualam melakukan kesalahan operan yang berakibat fatal. Back pass-nya kepada Fachruddin Aryanto sangat sulit dikontrol.

 

4 dari 4 halaman

Sulit Dihalau Nadeo Argawinata

Operan yang dikirimkan pemain Ansan Greeners itu terhitung tanggung, sehingga tidak bisa jatuh dengan tepat di kaki Fachruddin.

Alhasil, bola berhasil direbut oleh Adisak Kraisorn dan langsung diberikan kepada Bordin Phala. Pemain bernomor punggung 11 itu lantas menyodorkan operan untuk Sarach Yooyen.

Sarach langsung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang sempat membentur kaki Ricky Kambuaya, sehingga sulit dihalau Nadeo Argawinata.

Gol itu pun langsung membuyarkan kemenangan di depan mata Timnas Indonesia. Padahal, skuat Garuda unggul jumlah pemain lantaran pemain Thailand, Sanrawat Dechmitr, menerima kartu merah pada menit ke-62.

Video Populer

Foto Populer