Sukses


BRI Liga 1: Alasan Luis Milla Batal Jadikan Rachmat Irianto Starter Persib saat Hadapi Madura United

Bola.com, Pamekasan - Keputusan Persib Bandung menyimpan Rachmat Irianto di bangku cadangan saat laga melawan Madura United, Jumat (20/1/2023), menimbulkan pertanyaan. Padahal pemain berusia 23 tahun itu hadir dalam jumpa pers jelang laga.

Dalam regulasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) disebutkan perwakilan pemain yang hadir dalam sesi press conference jelang laga harus tercantum dalam starting line up.

Laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persib Bandung kontra Madura United sendiri berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Kabupaten Pamekasan, Jumat (20/1/2023).

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla memberikan penjelasan terkait alasan menyimpan Rian, sapaan karib Rachmat Irianto, di bangku cadangan. Dia mengatakan bahwa Rachmat Irianto sempat merasakan nyeri sebelum bertolak menuju stadion.

"Mengenai Rian, ia kembali ke klub dari tim nasional dalam kondisi cedera. Kami menantikan perkembangan kondisinya hingga pagi hari dan hingga sore hari mengenai kemungkinan menurunkannya di starting line up atau bermain di babak kedua," kata Luis Milla.

2 dari 5 halaman

Mengalami Cedera sejak di Timnas Indonesia

Rachmat Irianto memang mengalami masalah cedera selepas membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Putra dari legenda Timnas Indonesia, Bejo Sugiantoro, ini bahkan menjalani latihan terpisah bersama Persib Bandung dalam beberapa hari terakhir.

"Lalu saya memutuskan tidak menurunkannya sejak menit pertama lawan Madura United karena tidak mau mengambil risiko jika dia harus kembali mengalami cedera," terang pelatih Persib Bandung itu.

 

3 dari 5 halaman

Keputusan Berani Luis Milla

Luis Milla mengambil keputusan berani memasang Rachmat Irianto pada menit awal babak kedua. Rian masuk lapangan menggantikan posisi Frets Butuan.

Meski memutuskan untuk tidak memainkan Rian sejak awal laga, Luis Milla mengakui membutuhkan tenaganya dalam pertandingan tersebut dan melakukan komunikasi dengan dokter agar sang pemain bisa bermain.

"Kami bermasalah di sisi kiri dan harus melakukan pergantian. Saya rasa untuk main selama 45 menit, saya juga sudah bicara dengan dokter, dia memungkinkan untuk bermain," kata pelatih Persib Bandung itu.

4 dari 5 halaman

Bermain Apik

Meski berada dalam kondisi tidak ideal, Rachmat Irianto bermain cukup apik. Dia mampu menjaga pertahanan Persib Bandung dari gempuran pemain Madura United.

Laga tersebut berakhir untuk keunggulan Persib dengan skor tipis 1-0. Gol penentu kemenangan Persib dicetak bomber andalannya, David Da Silva, pada menit ke-76.

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer