Sukses


Pasang Surut Karier Zanadin Fariz: Promosi di Era Jacksen Tiago, Jadi Andalan Shin Tae-yong, Kini Posisinya di Persis Terancam

Bola.com, Solo - Gelandang muda potensial Persis Solo, Zanadin Fariz, harus menghadapi perjalanan karier yang cukup berliku pada musim pertamanya mengenyam level profesional.

Setelah namanya melambung bersama Persis Solo pada Piala Presiden 2022, Zanadin Fariz sempat menjadi gelandang muda yang diperhitungkan.

Bahkan, kualitas Zanadin Fariz berhasil mencuri hati Shin Tae-yong hingga akhirnya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20, tepatnya pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Namun, kini perlahan-lahan Zanadin Fariz kehilangan tempat di tim utama Persis Solo. Padahal, ia sempat menjadi andalan di skuad Laskar Sambernyawa, khususnya ketika diasuh oleh Jacksen F Tiago hingga Rasiman.

2 dari 6 halaman

Berawal dari Kepercayaan Jacksen F Tiago

Jacksen F Tiago memang menjadi salah satu sosok penting yang berjasa besar melambungkan nama Zanadin Fariz di kancah sepak bola nasional saat mempromosikan pemain asal Bekasi ini ke tim utama Persis Solo.

Ketika itu, pemain yang akrab disapa Ucil ini menjadi satu di antara enam pemain Persis Youth yang mendapat promosi ke tim senior Laskar Sambernyawa.

Debutnya tercipta pada laga pertama Grup A Piala Presiden 2022 ketika tim asal Kota Bengawan ini menghadapi PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (11/6/2022).

Saat itu, Ucil menginjakkan kaki di lapangan pada menit ke-46 ketika tim pelatih menarik keluar Muhammad Kanu Helmiawan. Hasilnya, performa Ucil di atas lapangan cukup istimewa.

Dia beberapa kali memamerkan kemampuan olah bolanya yang berkualitas. Bahkan, ia harus beberapa kali dilanggar pemain PSS karena pergerakannya cukup merepotkan.

3 dari 6 halaman

Mulai Tampil Reguler di Liga 1

Kiprah impresif Zanadin Fariz di Piala Presiden 2022 akhirnya terus berlanjut hingga ke BRI Liga 1 2022/2023. Untuk kali pertama, ia mencatat debutnya di kompetisi resmi pada laga kontra Dewa United.

Pada laga ini, pemain berusia 18 tahun itu turun sebagai starter. Bahkan, Jacksen memberikan kepercayaan sang pemain untuk tampil penuh selama 2x45 menit.

Setidaknya, selama enam pekan awal BRI Liga 1 musim ini, Ucil selalu mendapatkan kesempatan bermain, baik itu sebagai starter maupun pemain pengganti.

Bahkan, ia tetap mendapatkan tempat meski kursi kepelatihan Persis Solo mengalami pergantian ketika Jacksen F Tiago mengundurkan diri dan Rasiman ditunjuk melanjutkan kemudi.

4 dari 6 halaman

Jadi Andalan Shin Tae-yong

Perjalanan karier Zanadin Fariz akhirnya makin lengkap ketika ia dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 yang akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pada kejuaraan ini, Ucil juga berhasil mendapatkan tempat utama di lini tengah. Sebab, dia selalu tampil pada tiga laga melawan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Khusus untuk dua laga yang disebut terakhir, Ucil bermain penuh dan tak tergantikan. Kepercayaan itu juga dibayar dengan catatan satu gol dan satu assist melawan Hong Kong serta satu assist pada laga pamungkas kontra Vietnam.

Sejak saat itu, Ucil menjadi salah satu langganan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20. Ia juga masih mendapat panggilan ketika skuad Garuda Nusantara menggelar TC jangka panjang di Turki dan Spanyol pada medio Oktober hingga November 2022.

 

5 dari 6 halaman

Mulai Tersisih dari Tim Utama

Sepulang dari TC Eropa, Zanadin Fariz justru kehilangan tempat di Persis Solo. Dia terhitung jarang bermain saat Laskar Sambernyawa berada di bawah asuhan Leonardo Medina.

Sebab, sejak pulang dari Timnas U-20, Ucil hanya bisa mendapatkan empat kali kesempatan bermain. Semuanya hanya berlangsung singkat karena bermula dari bangku cadangan.

Tercatat, tak ada satu pun laga yang dilewati Ucil dengan durasi lebih dari 15 menit. Itu terjadi pada laga kontra Arema FC (11 menit), Barito Putera (14 menit), Persib Bandung (12 menit), dan Persija Jakarta (7 menit).

Tersisihnya Ucil dari tim utama Persis tak terlepas dari perubahan posisi yang dialami Alexis Messidoro. Belakangan ini, playmaker asal Argentina itu digeser sedikit ke belakang untuk memainkan peran nomor delapan.

6 dari 6 halaman

Posisi Persis di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer