Sukses


WCP Dukung Penuh Keberangkatan Marselino Ferdinan Ke Eropa, Enggak Boleh Homesick!

Bola.com, Jakarta - Legenda Timnas Indonesia sekaligus pelatih Bhayangkara FC, Widodo C. Putro mendukung penuh kepergian Marselino Ferdinan ke luar negeri.

Gelandang muda berbakat milik Persebaya Surabaya itu disebut-sebut tengah diminati salah satu klub Belgia.

WCP-sapaan akrabnya menilai sudah saatnya pemain muda seperti Marselino Ferdinan untuk menjajal panggung yang lebih besar. Ia juga meyakini pemain berusia 18 tahun itu bisa sukses di Benua Eropa.

Tetapi ia mengingatkan bila bermain di luar negeri akan sangat sulit bagi pemain Indonesia. Tanpa mental yang kuat dan kemauan dari dirinya sendiri, akan sangat sulit melihat pemain itu bisa berkembang di perantauan.

"Semua itu ya tergantung dari pemain itu sendiri, kalau dia homesick ya nanti akan nyaman bermain di daerahnya sendiri," kata Widodo. 

"Tetapi saya yakin, talenta muda yang potensial yang dimiliki oleh Persebaya bahkan Indonesia ini akan berkembang," jelasnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Kesempatan Tak Datang Dua Kali

Walau banyak menimbulkan pro kontra, mengingat banyak pemain Indonesia yang berkarier di Eropa hampir semuanya 'gagal'.

Pelatih asal Cilacap itu tetap meyakini nasib Marselino bakal berbeda dengan pemain-pemain sebelumnya. Adik kandung Oktafianus Fernando ini bisa dikatakan memiliki fondasi yang lebih bagus.

Ia sudah mencicipi ketatnya persaingan di kompetisi domestik. Inilah yang membedakannya dengan pemain lain macam Egy Maulana Vikri hingga Bagus Kahfi.

"Saya berharap dia bisa keluar negeri dan kalau memang ada kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik. Jadi nantinya dia bisa berprestasi tidak hanya di dalam negeri (tetapi juga di benua lain)," tandasnya.

 

3 dari 4 halaman

Gabung Klub Kasta Kedua Belgia?

Harian Disway mengklaim pemain berusia 18 tahun itu akan bergabung dengan klub kasta kedua, Beerschot V.A.. Tim yang tengah duduk di peringkat ketiga itu memiliki peluang untuk promosi ke kasta tertinggi di musim depan.

Sebelumnya, Francis Vrancken selaku chairman mengungkapkan ada beberapa investor asing yang berminat mengakuisi klubnya. Menariknya, ada calon investor yang juga berasal dari Indonesia.

"Seperti tim fantastis lainnya, kami terkadang didekati oleh pihak yang berkepentingan, juga dari negara seperti AS atau Indonesia. Saya melihat itu sebagai tanda bahwa kami melakukannya dengan baik,” ujar Vrancken melalui kanal YouTube resmi klub.

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer