Sukses


3 Pemain Asal Jepang Berstatus Debutan Ciamik di BRI Liga 1: Datang Langsung Cemerlang

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain asal Jepang yang baru merasakan musim pertamanya di BRI Liga 1 2022/2023 sukses mencatatkan performa yang impresif bersama klubnya masing-masing.

Tren penggunaan pemain asal Jepang ini sebetulnya mengalami lonjakan yang cukup signifikan di BRI Liga 1 musim ini. Penyebabnya tak lain karena penampilan istimewa Taisei Marukawa bersama Persebaya Surabaya musim lalu.

Sebab, Taisei sukses mencatatkan 17 gol serta 10 assist dari 32 aksinya bersama Bajul Ijo. Namun, sayangnya catatan ini tak bisa dilanjutkan ketika ia bermain untuk PSIS Semarang.

Pamor Taisei justru kalah mentereng jika dibandingkan dengan sejumlah kompatriotnya yang berasal dari Negeri Sakura. Padahal, pemain-pemain ini berstatus sebagai debutan di BRI Liga 1 musim ini.

Setidaknya, hingga pekan ke-20 BRI Liga 1, sudah ada dua pemain asal Jepang yang mampu menjadi pencetak gol terbanyak di klubnya masing-masing. Selain itu, ada pula yang bisa menyumbang gol dengan catatan yang tinggi.

Lalu, siapa saja para pemain asal Jepang berstatus debutan yang mampu menorehkan performa apik di BRI Liga 1 musim ini? Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 5 halaman

Kenzo Nambu (PSM Makassar)

Performa pemain sayap PSM Makassar pada musim debutnya di BRI Liga 1 terhitung impresif. Sebab, dia sukses menyumbangkan enam gol dari total 18 aksinya bersama Juku Eja.

Sejauh ini, dia menjadi salah satu pemain yang paling sering tampil. Sebab, pemain kelahiran Tokyo itu hanya absen dua kali di BRI Liga 1 musim ini.

Dengan koleksi enam golnya itu, pemain berusia 30 tahun ini menjadi salah satu sosok yang paling produktif di tim asuhan Bernardo Tavares

Dia menjadi pencetak gol terbanyak kedua setelah Everton Nascimento yang menyumbang tujuh gol.

3 dari 5 halaman

Sho Yamamoto (Persebaya Surabaya)

Salah satu nama pemain yang paling sering mendapat kepercayaan tampil dari pelatih Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 musim ini ialah Sho Yamamoto.

Sebab, sejauh ini Sho Yamamoto sudah 19 kali tampil di BRI Liga 1. Catatan ini semakin impresif karena starter alias selalu tampil sejak menit awal.

Kontribusi yang diberikan pemain berusia 26 tahun ini juga tak main-main. Sebab, dia berhasil menyumbangkan tujuh gol dan dua assist untuk skuad Bajul Ijo.

Dengan catatannya itu, Sho Yamamoto menjadi penyumbang gol terbanyak Persebaya musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Ryo Matsumura (Persis Solo)

Sejauh ini, status pesepak bola asal Jepang yang mencatatkan kiprah paling impresif di kompetisi BRI Liga 1 musim ini ialah Ryo Matsumura.

Sebab, gelandang berusia 28 tahun ini mampu mencatatkan jumlah gol yang impresif bersama Persis Solo pada musim debutnya di BRI Liga 1.

Dari total 17 pertandingan, Ryo Matsumura sudah menjaringkan delapan gol plus satu assist. Dia juga selalu jadi andalan, mengingat 16 laga di antaranya dicatatkan sebagai starter.

Catatan gol ini turut mengantarkan pemain asal Kyoto itu menjadi penyumbang gol Laskar Sambernyawa. 

Koleksinya bahkan mengungguli jauh deretan striker Persis, yakni Fernando Rodriguez dan Samsul Arif yang sama-sama mengepak empat gol.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer