Sukses


Rezaldi Hehanussa dan 5 Pemain yang Tinggalkan Persija demi Persib

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi melepas Rezaldi Hehanussa ke Persib Bandung. Bek kelahiran 7 November 1995 itu dilepas dengan skema transfer karena masih terikat kontrak dengan Macan Kemayoran.

Ya, Persib Bandung harus membayar fee ke Persija untuk bisa memboyong Rezaldi Hehanussa ke Kota Kembang. Bergabungnya pemain yang akrab disapa Bule itu atas rekomendasi langsung dari Luis Milla.

Bergabungnya Rezaldi Hehanussa ke Persib Bandung semakin menambah daftar pemain Persija yang menyeberang ke Persib. Padahal, kedua kesebelasan punya sejarah rivalitas yang cukup panjang di Indonesia.

Berikut 5 pemain Persija Jakarta yang menyeberang ke Persib Bandung sebelum Rezaldi Hehanussa.

2 dari 7 halaman

Atep

Atep merupakan salah satu legenda Persib Bandung. Winger kelahiran Cianjur, Jawa Barat tersebut membela tim Pangeran Biru selama lebih dari satu dekade hingga tahun 2019.

Meski identik dengan Persib Bandung, Atep sebenarnya sempat berseragam Persija Jakarta selama empat tahun. Dia menyeberang ke Maung Bandung pada tahun 2008.

Setelah hengkang dari Persib Bandung pada tahun 2019, Atep kemudian bergabung Mitra Kukar. Tapi setelah itu dia hijrah ke PSKC Cimahi, Muba Babel United dan terakhir gabung Persika 1951.

3 dari 7 halaman

Muhammad Nasuha

Muhammad Nasuha berposisi sebagai bek sayap ketika masih aktif bermain. Dia sudah pensiun sebagai pemain sejak 2015 setelah membela Cilegon United.

Sejumlah klub besar pernah diperkuat oleh pemain kelahiran Banten tersebut. Termasuk sempat memperkuat Persija Jakarta pada tahun 2010.

Namun, Muhammad Nasuha membelot ke Persib Bandung pada tahun 2011. Dia membela tim Pangeran Biru selama 3 tahun sebelum kembali ke kota kelahirannya.

4 dari 7 halaman

Tony Sucipto

Tony Sucipto menyeberang ke Persib Bandung pada tahun 2011 setelah membela Persija Jakarta selama semusim. Dia bergabung dengan tim Pangeran Biru hingga tahun 2019.

Namun, setelah 8 tahun berseragam Persib, Tony Sucipto kembali membelot ke Persija Jakarta. Dia juga masih menjadi bagian dari tim Macan Kemayoran hingga saat ini.

Saat berseragam Persib, Tony Sucipto berhasil meraih gelar juara ISL 2014. Mereke juga memenangi Piala Presiden 2015.

5 dari 7 halaman

Muhammad Ilham

Sama seperti Tony Sucipto, Muhammad Ilham membelot ke Persib Bandung pada tahun 2011. Sebelum hijrah ke Kota Kembang, dia sudah lima tahun membela Persija Jakarta.

Namun, karier Muhammad Ilham bersama Persib tidak berlangsung lama. Setahun kemudian dia memilih bergabung ke PSPS Pekanbaru.

Muhammad Ilham juga sempat kembali lagi Persija Jakarta sebelum pensiun pada tahun 2017. Tim Macan Kemayoran menjadi klub terakhir saat ia gantung sepatu.

6 dari 7 halaman

Marc Klok

Gelandang naturalisasi asal Belanda, Marc Anthony Klok mengawali karier di Indonesia bersama PSM Makassar pada tahun 2017. Kala itu, dia masih berstatus sebahai pemain asing.

Tiga tahun kemudian, Marc Anthony Klok bergabung dengan Persija Jakarta. Bersama Macan Kemayoran, dia memenangkan trofi Piala Menpora 2021.

Namun, setelah memenangkan trofi tersebut, Marc Klok menyeberang ke Persib Bandung. Dia menjadi andalan tim Pangeran Biru hingga saat ini dan juga sering dipanggil Timnas Indonesia.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy, 26/1/2023)

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer