Sukses


5 Fakta Persebaya Pecundangi Madura United: Dominasi di Derbi Suramadu Jilid 16

Bola.com, Pamekasan - Persebaya Surabaya kini sudah lupa rasanya menelan kekalahan. Terbaru, mereka mempermalukan Madura United di hadapan pendukungnya sendiri dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023.

Tim Bajul Ijo berhasil menang dengan skor 2-0 dalam laga bertajuk Derbi Suramadu jilid ke-16 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (29/1/2023).

Persebaya Surabaya sempat mendapat hadiah penalti, namun gagal dieksekusi oleh Paulo Victor pada menit ke-39. Beruntung, tim Bajul Ijo masih berhasil mencetak dua gol berkat Leo Lelis pada menit ke-52 dan Ahmad Nufiandani pada menit ke-86.

Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun yang didapat Persebaya selama putaran kedua BRI Liga 1.

Gol-gol Persebaya lahir lewat proses kerja sama yang rapi. Pertama, Ze Valente mengirim umpan silang yang mengarah di tiang jauh. Bola itu kemudian disambut Leo Lelis dan diarahkan ke tiang dekat gawang tim tuan rumah.

Sementara gol kedua tercipta karena kesalahan kiper Madura United, Miswar Saputra, yang gagal menghalau serangan balik yang diinisiasi Victor. Bola lantas disambar oleh Nufiandani yang mendribel dan menembak bola ke gawang kosong.

Persebaya Surabaya kini menduduki peringkat ketujuh dengan 31 poin dari 20 pertandingan. Sedangkan Madura United tetap di posisi keempat dengan mengoleksi 36 poin dalam 21 laga yang telah dilakoni.

Hasil pertandingan telah melahirkan lima fakta menarik duel Derbi Suramadu edisi ke-16 ini. Simak ulasan Bola.com berikut ini:

2 dari 7 halaman

Dominasi Persebaya

Kemenangan ini membuat Persebaya Surabaya sangat mendominasi Derbi Suramadu. Dalam 16 pertemuan di semua ajang sejak 2018, tim Bajul Ijo mampu memenangi sebanyak 10 pertandingan di antaranya.

Madura United sendiri tercatat hanya pernah menang sekali atas Persebaya. Itu terjadi di leg kedua perempat final Piala Indonesia 2018/2019 pada 27 Juni 2019 atau hampir empat tahun yang lalu.

 

3 dari 7 halaman

Gol Perdana Ahmad Nufiandani untuk Persebaya di BRI Liga 1

Penyerang Ahmad Nufiandani sebenarnya sudah bergabung dengan Persebaya Surabaya sejak awal musim 2022/2023. Namun, dia baru kali ini mencetak gol buat Bajul Ijo di kompetisi Liga 1.

Ya, dia mencetak gol perdananya buat Persebaya di kompetisi dalam Derbi Suramadu. Seperti disebutkan, gol itu lahir dari kesalahan kiper Miswar Saputra yang berada di tengah lapangan.

Bola dimenangkan oleh Paulo Victor. Nufiandani lantas menyambarnya dengan mendribel dan melepas tembakan ke gawang kosong.

Sebelum gol ini, pemain yang akrab disapa Dani itu sudah mencetak lima assist. Total, Dani membukukan 17 pertandingan musim ini yang kebanyakan diawalinya dari bangku cadangan.

 

4 dari 7 halaman

7 Laga Tak Terkalahkan

Persebaya Surabaya selalu berhasil menang dalam tiga laga putaran kedua BRI Liga 1 musim ini. Fakta yang lebih mencengangkan adalah keberhasilan mereka melewati tujuh laga terakhir tanpa kekalahan.

Mereka sempat meraih tiga kali imbang melawan Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo. Sedangkan empat laga yang berakhir tiga poin didapat saat melawan Dewa United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, dan kali ini Madura United.

 

5 dari 7 halaman

Fabio Lefundes Gagal Menaklukkan Persebaya

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, tercatat tak pernah membawa timnya melawan Persebaya Surabaya. Menariknya, dia menjalani laga debut sebagai arsitek Madura United melawan Bajul Ijo, yang berakhir kekalahan 0-1 pada 20 November 2021.

Fabio Lefundes sendiri sudah empat kali menenami Madura United melakoni Derbi Suramadu kontra Persebaya. Hasilnya, timnya tiga kali kalah dan sekali imbang.

 

6 dari 7 halaman

Kekalahan Beruntun Madura United

Saat Persebaya Surabaya melewati tujuh laga tanpa kekalahan, Madura United malah meraih hasil sebaliknya. Laskar Sape Kerap melakoni tiga laga terakhir dengan hasil kekalahan secara berturut-turut.

Masing-masing saat berjumpa dengan Persib Bandung, Persik Kediri, dan kali ini Persebaya Surabaya. Uniknya, dua laga di antaranya sebenarnya digelar dengan status mereka sebagai tuan rumah, yakni menjamu Persib dan Persebaya.

7 dari 7 halaman

Posisi Madura United dan Persebaya di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer